Penerapan Pengajaran Berdasarkan Masalah (PBI) Kompetensi Membuat Hiasan Pada Busana Dengan Memanfaatkan Perca Untuk Siswa Kelas XI di SMK Negeri 3 Blitar

  • SUMIATUN

Abstract

Abstrak

 

Pengajaran berdasarkan masalah merupakan suatu model pembelajaran yang didasarkan pada banyaknya permasalahan yang membutuhkan penyelidikan autentik dan penyelesaian masalah yang nyata. Hiasan busana dapat dibuat dengan menggunakan berbagai macam teknik. Disekitar kota Blitar terdapat banyak perca yang dapat dimanfaatkan untuk membuat hiasan busana. Melalui penerapan pengajaran berdasarkan masalah siswa dapat berfikir kreatif untuk menyelesaikan masalah perca tersebut menjadi hiasan busana dengan teknik aplikasi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui keterlaksanaan aktivitas guru dalam penerapan pengajaran berdasarkan masalah, 2) mengetahui keterlaksanaan aktivitas siswa dalam penerapan pengajaran berdasarkan masalah, 3) mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa, 4) mengetahui respon siswa dalam penerapan pengajaran berdasarkan masalah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi untuk mengetahui keterlaksanaan aktivitas guru dan aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Analisis keterlaksanaan aktivitas guru dan aktivitas siswa menggunakan persentase dengan perolehan nilai rata-rata, ketuntasan hasil belajar siswa dan respon siswa menggunakan persentase. Hasil penelitian diperoleh: 1) Keterlaksanaan aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik (100%) dengan nilai rata-rata 3,71, 2) Keterlaksanaan aktivitas siswa terlaksana dengan sangat baik (100%) dengan nilai rata-rata 3,53, 3) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 90% dengan ketuntasan belajar individu ≥78%, 4) Respon siswa menyatakan 99% setuju dengan penerapan pengajaran berdasarkan masalah.

 

             Kata kunci: Penerapan pengajaran berdasarkan masalah, hasil belajar siswa, respon siswa.

 

 

Abstract

 

Problem based instruction is a learning method that is based on many problems that require investigation authentic and real problem solving. Fashion ornaments can be made using a variety of techniques. Around the city of Blitar, there are many waste fabric that can be used to make fashion ornaments. Through the application of problem based instruction, students can think creatively to solve problems of waste fabric becomes fashion ornaments with application techniques. The aim for this research are: 1) to know the activity of teachers in problem based instruction, 2) to know the activity of students in problem based instruction, 3) to know the student learning outcomes, 4) to evaluate the response of students using the method of problem based instruction. This type of research is included in the quantitative descriptive. The method of collecting data are using the observation of teacher activity and student activity, achievement test and student questionnaire responses. Analysis of teacher activity and student activity are using the percentage with an average acquisition value,  and the results of student learning and student responses are using percentages. The results were obtained: 1) Teacher activity performing very well (100%) with an average value of 3.71, 2) Students activity performing very well (100%) with an average value of 3.53, 3) Classical mastery learning students achieve 90 %, with individual mastery learning ≥78%, 4) response states 99% of students agree with application of problem based instruction.

 

Keywords:  Apllication of  problem based instruction, student learning outcomes, student responses


Published
2015-05-28
How to Cite
SUMIATUN,. (2015). Penerapan Pengajaran Berdasarkan Masalah (PBI) Kompetensi Membuat Hiasan Pada Busana Dengan Memanfaatkan Perca Untuk Siswa Kelas XI di SMK Negeri 3 Blitar. Jurnal Online Tata Busana, 4(2). https://doi.org/10.26740/jotb.v4n2.p%p
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 23