Penerapan Model Pembelajaran Langsung Dengan Media Prototype Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menjahit  Busana Safari Pada  Siswa Kelas XI Tata Busana  di SMK Negeri 3 Blitar 

  • IKA PURNAMASARI

Abstract

Abstrak

 

Penerapan model pembelajaran langsung dengan media prototype dirancang khusus untuk membantu siswa untuk belajar pengetahuan dan kompetensi dasar yang diajarkan langkah demi langkah tetapi hasilnya dalam Aktifitas belajar siswa yang kurang maksimal dan kurangnya motivasi dalam menjahit busana safari. Pemahaman dan ketrampilan siswa kelas XI Tata Busana pada tahun 2013/2014mencapai ketuntasan klasikal sebesar 50%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan menerapkan Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Media Prototype Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menjahit  Busana Safari Pada Siswa Kelas XI Tata Busana di SMKN 3 Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam tiga siklus.Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI Tata Busana tahun akademik 2014/2015sebanyak 34 orang.Objek penelitiannya adalah model pembelajaran langsung dengan media prototype.Metode Pengumpulan Data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan tes, dengan Instrument penelitian yaitu lembar observasi untuk pengamatan aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru, lembar tes yang terdiri dari lembar tes tertulis dan lembar tes kinerja serta hasil belajar siswa baik individu maupun klasikal. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 98.6% yang artinya sangat baik, pada siklus II dengan persentase 97.3% yang artinya sangat baik, dan pada siklus III diperoleh dengan persentase 99.3% yang artinya sangat baik . Pada kegiatan Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 95.5% yang berarti sangat baik, sementara pada siklus II memperoleh persentase 98.9%yang berarti sangat baik dan pada aktivitas siswa siklus III diperoleh persentase 100% yang artinya sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran langsung dengan media prototype telah berhasil dicapai dengan sangat baik, ketuntasan hasil belajar siswa kelas XI Tata Busana SMKNegeri 3 Blitar secara klaksikal dinyatakan tuntas sebesar 100% yaitu sebanyak 6 siswa yang terlampaui dan 28 siswa tuntas dengan sangat baik sesuai dengan kriteria penilaian yaitu 81% - 100% kategori sangat baik.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Langsung, Media Prototype, Aktivitas dan Hasil Belajar

                      Menjahit Busana Safari

 

 

Abstract

 

The application of directly with prototype kind of classroom media specially designed to help students to learn basic knowledge and competence taught step by step but the results in activities that less than maximum student learning and lack of motivation in sewing fashion safari. Understanding and skill of a student of class xi fashion in 2013 / 2014 reached ketuntasan klasikal of 50 % . This study attempts to increasing the activity of teachers , the activity of students and learning outcomes students by applying the application of direct prototype kind of classroom with the media to improve learning outcomes sew fashion on the kids safari class xi fashion in Smkn 3  Blitar. The kind of research used is research the act of class ( ptk ) that has been done in the three cycles.A subject in this research is xi class fashion academic year 2014 / 2015 34 people.The object of his research is a model of learning directly with media prototype. The collection method used in this research is observation and the test research with instrument namely sheets observation for observation of activity learning activity students and teachers sheets test composed of sheets a written test and test sheets performance and the result of good learning students individual and klasikal. Analysis methods used are descriptive of quantitative analysis by the percentage. This research result indicates that activity cycle activities of teachers from 1 with the percentage 98.6 % which means very good , in a cycle 2 and the percentage 97.3 % which means very good , and in the cycle of 3 obtained by the percentage 99.3 % which means very good .The work of the students on the activity of cycle 1 get a fractional percent 95.5 % meant something very good , while in the cycle of 2 get a fractional percent  98.9 % meant something very good and upon an activity students cycle 3 obtained the percentage 100 % which means very good. Learning outcomes the student with the application of direct kind of classroom prototype was reached with the media has been very well , learning outcomes a student xi fashion of state vocational schools 3 blitar in klaksikal expressed complete % that is as many as 6 of about 100 students who exceeded and 28 students been solved by very good in accordance with the assessment criteria which is 81 % to 100 % category very good

 

Keyword: Direct Model Of Learning , The Prototype Of The Media , The Activity And The

                   Results Of Learning To Sew Fashion Safari

Published
2015-05-30
How to Cite
PURNAMASARI, I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Dengan Media Prototype Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menjahit  Busana Safari Pada  Siswa Kelas XI Tata Busana  di SMK Negeri 3 Blitar . Jurnal Online Tata Busana, 4(2). https://doi.org/10.26740/jotb.v4n2.p%p
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 96