Pelatihan Pembuatan Busana Rumah Menggunakan Metode Demonstrasi Bagi Ibu-Ibu PKK di Desa Ngabetan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik
Abstract
Abstrak
Pelatihan pembuatan busana rumah merupakan salah satu upaya peningkatan Sumber Daya Manusia khususnya ibu-ibu PKK. Keterampilan ini dapat dijadikan sebagai pengisi waktu luang dan dijadikan sebagai peluang usaha yang dapat menambah penghasilan bagi kehidupan rumah tangga. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan aktifitas instruktur, hasil belajar dan repon peserta pelatihan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain One Shot Case Study. Pelatihan dilaksanakan 2 kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Analisis data aktifitas instruktur menggunakan nilai mean, hasil belajar serta respon peserta menggunakan persentase. Hasil penelitian aktifitas instruktur selama pelatihan pembuatan busana rumah mendapatkan mean sangat baik. Mean Aktifitas instruktur pertemuan I Mendapatkan 3,76 kategori baik (Baik) dan pertemuan II mendapatkan 4,05 kategori Sangat Baik (SB). Hasil belajar peserta dilihat dari proses mulai dari memotong pola, meletakkan pola, memotong bahan, memindahkan tanda pola, menjahit saku, belahan, sisi, pengepasan I dan II, adalah 85% kategori Sangat Baik (SB), sedangkan mengambil ukuran, membuat pola, menjahit belahan, kerapian adalah 70% kategori Baik (B) dan hasil jadi daster adalah 50% kategori Baik (B). Hasil respon peserta terhadap pelatihan pembuatan daster 100% sangat baik (SB), peserta merasa senang, bermanfaat, perlu dikembangkan lebih lanjut, aktivitas instruktur mempermudah pembuatan daster, dan tepat waktu, materi mudah dipahami, merupakan hal baru. Dapat disimpulkan bahwa aktifitas instruktur secara keseluruhan adalah baik, hasil belajar baik dan respon peserta pelatihan sangat baik.
Kata Kunci: Pelatihan, busana rumah, aktifitas, hasil belajar, respon
Abstract
Training of making house dress for member of PKK district of Cerme, Gresik regency, is an effort to improve Human Resource especially for member of PKK. This skill may become pastime and become business opportunities that can increase income for housewife. The aims of this research are describes instructor activity, trainee learning achievement, and trainee response. Type of this research is quasi-experiment research with research design One Shot Case Study. Training conducted 2 times. Data collecting method are observation and questionnaire. Data analysis of instructor activity using mean, trainee learning achievement for process and product of house dress also trainee response using percentage. Result of instructor activity along training of making house dress on aspects of communicate the goal, motivation, subject explanation, guides to measure and pattern making, review, motivate to review, and evaluation obtained good mean, while on aspect of guides to pattern placement and fabric cutting, pattern transfer, sewing, and finishing obtained very good mean. Mean of instructor activity at first class obtained 3.76 with good category, and at second class obtained 4.05 with very good category. The trainee learning achievement category very good. Size measurement, pattern making, sewing cleavage, and neatness is 70% with category good, and product of house dress is 50% with category good. Result of trainee response toward training of making house dress 100% very good. Trainee feels happy, useful, need for further development. The instructor activity is ease the making of house dress, and on time, subject easy to understand, and is the new knowledge.
Keywords: Training, house dress, activity, learning achievement, response.
PDF Downloads: 141