Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Membuat Pola Kemeja dan Celana Pria Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Busana Butik Di SMKN 1 Sooko Mojokerto

  • BUNGA Koerynia KOERYNIA WAHTI Mahasiswa

Abstract

Abstrak

Jenis penelitian ini ialah penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui mengelola kelas dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dalam membuat pola kemeja dan celana pria, (2) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dalam membuat pola kemeja dan celana pria, (3) untuk ketuntasan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dalam membuat pola kemeja dan celana pria.

Jenis penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus I “Membuat pola kemeja” dan siklus II “Membuat pola celana pria”. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XI Busana Butik SMKN 1 Sooko Mojokerto dengan jumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Instrumen berupa lembar aktivitas guru, siswa dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukan : a) Aktivitas guru siklus I sebesar 3.6 dan siklus II sebesar 3.8 mengalami kenaikan 0.2 b) Pada aktivitas siswa Siklus I 89% dan siklus II 93% mengalami kenaikan 4%. c) Hasil belajar siswa XI Busana Butik siklus I 95% dan siklus II 100% mengalami kenaikan 5%.

Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif, Membuat Pola Kemeja dan Celana Pria.

Abstract

Type of research is a Class Action research to improve student learning outcomes. The purpose of this study was (1) to determine classroom management by implementing cooperative learning model to create a pattern of men's shirts and pants, (2) to determine the activity of students in learning activities by implementing cooperative learning model to create a pattern of men's shirts and pants, (3 ) for student learning outcomes by implementing cooperative learning model in making men's shirts and pants pattern.

Type of research consists of two cycles. Cycle I "Make a shirt pattern" and cycle II "Make men's pants pattern". The research subjects are students of class XI Clothing Boutique SMKN 1 Sooko Mojokerto by the number of 37 students. The method of data collection using observation and achievement test. Instrument in the form of sheet activities of teachers, students and students' achievement test. The data analysis technique used is quantitative descriptive analysis.

The resuits : a) tearcher activity cylcle of 3.6 and 3.8 for he second cycle increased 0.2 b)The stundent activity cycle I 89 % and cycle II 93% 4% increase. c) The results of stundents busana butik XI first 95% and second cycle 100% 5% increase.

Keywords: Application of Cooperative Learning Model, Pattern Making Shirts and Pants Men

Author Biography

BUNGA Koerynia KOERYNIA WAHTI, Mahasiswa
S1 Pendidikan Tata Busana
Published
2013-01-30
How to Cite
KOERYNIA WAHTI, B. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Membuat Pola Kemeja dan Celana Pria Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Busana Butik Di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Online Tata Busana, 2(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v2n1.p%p
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 36