Pengaruh Penambahan Massa Mordan Tawas Dan Kapur Terhadap Hasil Jadi Pewarnaan Alami Kulit Ubi Ungu Pada Bahan Sutera

  • DEWI Zahrotul ZAHROTULKHUSNIA Mahasiswa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil jadi pewarnaan alami kulit ubi ungu pada bahan sutera dengan perbandingan massa mordan tawas dan kapur 5 gram, 10 gram, dan 15 gram. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dan metode yang digunakan adalah metode observasi dengan teknik analisis data anava ganda. Hasil penelitian ini menggunakan beberapa aspek yaitu aspek penyerapan warna, dan aspek kerataan warna. Aspek kerataan pada massa mordan 5 gram kapur mendapatkan nilai lebih tinggi dari pada tawas, pada massa mordan 10 gram tawas lebih tinggi dari pada kapur, dan massa mordan 15 gram tawas mendapatkan nilai tertinggi dari pada kapur. Aspek kerataan warna pada massa mordan 5 gram tawas mendapatkan nilai tertinggi dari pada kapur, massa 10 gram tawas mendapatkan nilai tertinggi dari pada kapur, dan massa 15 gram tawas juga mendapatkan nilai tertinggi dari pada kapur. Pada analisis anava ganda diketahui bahwa ada pengaruh penambahan massa mordan tawas dan kapur terhadap hasil jadi pewarnaan alami kulit ubi ungu pada bahan sutera ditinjau dari penyerapan warna karena diperoleh nilai F-hitung 41.310 signifikan pada P=0,00 ( < 0,05 ), sedangkan pada aspek kerataan warna diketahui juga bahwa ada pengaruh penambahan massa mordan tawas dan kapur terhadap hasil jadi pewarnaan alami kulit ubi ungu pada bahan sutera karena diperoleh nilai F-hitung 22.366 signifikan pada P=0,00 ( < 0,05 ).

Kata Kunci: Pewarnaan, massa mordan tawas dan kapur, sutera

Abstract

This research is to know the difference of the manufacture of the materials silk dyeing with natural dyes and purple yam skin using alum and lime Mordant mass 5 grams, 10 grams and 15 grams. The type of this research is experimental research and method of collecting data used was observation method with technique of data analysis used double anava. This research use several aspects: the color absorption, flatness aspects. The smooth aspect for 5gr lime of mordan massa gets higher value in the alum, in the mordan massa 10gr alum is higher than lime, and 15gr alum gets higher value than lime. The color smooth aspect in mordan massa 5gr alum gets higher value than lime, 10gr alum of massa gets higher value than lime, and 15gr alum of massa also gets higher value than lime. In double anava analysis known that there is addition alum massa mordant influence and lime towards result the nature coloured of potato sweet purple in silk sulk that observe for color color absorption because gets F value-count 41.310 in significant P=0,00 (<0,05), although in smooth color aspect is know that also lime and alum addition massa mordant influence towards result the nature colored of potato sweet purplr in silk sulk because gets F value-count 22.366 in significant P=0,00 (<0,05).

Keywords: Staining, Mordant mass alum and lime, silk

Author Biography

DEWI Zahrotul ZAHROTULKHUSNIA, Mahasiswa
S1 Pendidikan Tata Busana
Published
2013-01-30
How to Cite
ZAHROTULKHUSNIA, D. (2013). Pengaruh Penambahan Massa Mordan Tawas Dan Kapur Terhadap Hasil Jadi Pewarnaan Alami Kulit Ubi Ungu Pada Bahan Sutera. Jurnal Online Tata Busana, 2(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v2n1.p%p
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 21