Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Pada Sub Kompetensi Membuat Pola Blazer Kelas XII Tata Busana SMKN 2 Tuban

  • EVI Atik ATIK US SOFA Mahasiswa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data diantaranya observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa, observer berjumlah 3 orang di antaranya 1 orang guru kelas dan 2 rekan sejawat yang dilaksanakan di SMKN 2 Tuban pada kelas XII-1 busana butik, dengan jumlah siswa 30 tahun ajaran 2011-2012.

Hasil penelitian dalam kegiatan belajar mengajar dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI aktivitas gurupada siklus I dengan kriteria penilaian terlaksana “sangat baik” (88,25%), siklus II terlaksana “sangat baik” (81,25%), siklus III terlaksana “sangat baik” ( 91%) . pada aktivitas siswa selama proses pembelajaran secara keseluruhan dengan kriteria penilaian “sangat baik” dengan presentase pada siklus I sebesar 82,75%, siklus II 88,75% dan siklus III 89,75%. hasil belajar siswa secara keseluruhan tuntas “sangat baik” pada siklus I dengan presentase 100%, siklus II menurun mencapai 90% dan siklus III juga mendapatkan sebesar 90% . Ketuntasan secara klasikal memperoleh tuntas “sangat baik” dengan presentase 90% dan yang tidak tuntas 10%.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI, Membuat Pola Blazer, Aktivitas Guru dan Siswa, Hasil belajar.

Abstract

The study was conducted in SMKN 2 Tuban in fashion design class XII , with 30 students in the academic year 2011-2012. This research is descriptive quantitative research class act. The method of data collection is observation for teacher and student activity observed by the class teacher and two friend me.

The results of this study include 1) the activities of teachers in the teaching and learning activities using cooperative learning type TAI percentage obtained 88.25% for the first cycle, which means the implementation is excellent, the second cycle is the percentage of 81.25%, the third cycle the percentage was 91% which means of implementation is excellent. 2) Student Activities while direct instruction did yield percentage obtained 82.75% in the first cycle, second cycle and third cycle 88.75% 89.75%, meaning that all well implemented. 3) Student achievement in the first cycle 100% complete, the second cycle increased by 90% and the maximum results in the third cycle at 90% complete. Classic completeness is 90% means very well equipped.

Keywords: cooperative learning model type of TAI, making blazer pattern, teacher and student activity, learning achievement

Author Biography

EVI Atik ATIK US SOFA, Mahasiswa
S1 Pendidikan Tata Busana
Published
2013-01-30
How to Cite
ATIK US SOFA, E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Pada Sub Kompetensi Membuat Pola Blazer Kelas XII Tata Busana SMKN 2 Tuban. Jurnal Online Tata Busana, 2(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v2n1.p%p
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 50