Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Proporsi Tubuh Menggunakan Metode Pembelajaran Drill Kelas X Busana 2 SMKN 3 Blitar

  • FATAKHUL Nur NURRACHMAWATI Mahasiswa

Abstract

Abstrak

Metode pembelajaran drill merupakan cara mengajar dengan memberikan latihan-latihan terhadap apa yang harus dipelajari siswa untuk memperoleh suatu keterampilan tertentu. Siswa tidak secara langsung dapat membuat proporsi tubuh lengkap dengan wajah dan rambut secara ideal akan tetapi perlu latihan-latihan yang dimulai dari membuat garis vertikal, membagi dan memproporsikan bagian-bagian tubuh manusia mulai dari kepala, badan, kaki dan tangan dengan berbagai macam skala. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Penelitian dilaksanakan di SMKN 3 Blitar kelas X Busana Butik 2 sebanyak 35 siswa. Pengumpulan data melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran terjadi peningkatan sebesar 7% dari siklus I ke siklus II dengan kategori baik (3,3) menjadi sangat baik (3,8). 2) Aktivitas siswa terjadi peningkatan sebesar 17% dari siklus I ke siklus II dengan kategori baik (80%) menjadi sangat baik (97%). 3) Hasil belajar siswa terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 30% dari siklus I ke siklus II (dengan hasil KKM ≥ 75 ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal 85% dari kriteria cukup baik (60%) menjadi sangat baik (91%).

Kata Kunci: Metode pembelajaran drill, proporsi tubuh, aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa.

Abstract

Methods of drill learning is to teach by providing exercises that students need to learn to acquire a particular skill. Students can directly make the body proportions complete with face and hair are ideal but will need exercises that started from making a vertical line, dividing the parts of the human body from the head, body, legs and arms with various scale. The research objective was to determine the activity of the teacher, student activity and student learning.The experiment was conducted in SMKN 3 Blitar in class X Clothing Boutique 2 were 35 students. The collection of data through observation and tests. The results showed: 1) teachers in the management of learning activities increased by 7% from cycle I to cycle II with both categories (3.3) to very good (3.8). 2) student activity increased by 17% from cycle I to cycle II with both categories (80%) to very good (97%). 3) The results of student learning occurs in a significant increase of 30% from cycle I to cycle II (with results ≥ 75 KKM individual mastery and classical completeness 85%) of the criteria quite well (60%) to very good (91%).

Keywords: Learning methods drill, body proportions, teacher activity, student activity, student learning


Author Biography

FATAKHUL Nur NURRACHMAWATI, Mahasiswa
S1 Pendidikan Tata Busana
Published
2013-01-30
How to Cite
NURRACHMAWATI, F. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Proporsi Tubuh Menggunakan Metode Pembelajaran Drill Kelas X Busana 2 SMKN 3 Blitar. Jurnal Online Tata Busana, 2(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v2n1.p%p
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 380