Penerapan Modul Meletakkan Pola Rok A Diatas Bahan Pada Mata Pelajaran Tata Busana Di MA Negeri Babat Lamongan

  • AINUR ROSYIDAH Mahasiswa

Abstract

Abstrak

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran dengan modul yang diamati dari aktivitas guru dan siswa, hasil belajar siswa serta respon siswa dalam standar kompetensi meletakkan pola Rok A diatas bahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan serangkaian kegiatan observasi, serta penilaian hasil belajar dengan tes. Hasil penelitian menyatakan bahwa: Keterlaksanaan pembelajaran dapat dikategorikan sangat baik, ditinjau dari 1)Aktivitas guru selama penerapan model pembelajaran dengan modul menunjukkan hasil yang mencapai 93,7%, 2)Aktivitas siswa mencapai 88,3%. 3)Hasil belajar siswa sebesar 97% dalam pengerjaan soal tes. 4) Respon siswa sangat baik, dari 14 aspek yang memperoleh jawaban Ya sebanyak 95,78%. Jadi penerapan model pembelajaran dengan modul yang diterapkan pada standar kompetensi meletakkan pola Rok A diatas bahan di MA Negeri Babat Lamongan dapat di katakan berhasil (tuntas).

Kata Kunci: Pembelajaran dengan modul, Kompetensi dasar meletakkan pola Rok A diatas bahan, dan

ketuntasan belajar

 

Abstract

The aim of research is to describe the implementation of module instruction viewed from teacher activity and student activities, student achievement and student’s response particularly in implementation of “A” skirt construction arrangement on the fabric. This research is descriptive research. Data collection conducted with series of observation activities and assessment of learning achievement with test. Result of the research reveals that: Realization of learning model could be categorized as excellent, viewed from 1)Teacher activity along the implementation of module instruction shows result 93,7%, 2)Students activities achieved 88,3%. 3) Students learning completeness up to 97% in answering the test question. 4)Student’s respons from 14 aspec got answer yes 95,78%. Thus, the implementation of module instruction that applied on standard competence of “A” skirt construction arrangement on the fabric in MA Negeri Babat Lamongan was successful (completed).

Keywords: Module instruction, competency Standart of “A” skirt construction arrangement on the fabric, study completeness.

 

Author Biography

AINUR ROSYIDAH, Mahasiswa
S1 Pendidikan Tata Busana
Published
2013-01-30
How to Cite
ROSYIDAH, A. (2013). Penerapan Modul Meletakkan Pola Rok A Diatas Bahan Pada Mata Pelajaran Tata Busana Di MA Negeri Babat Lamongan. Jurnal Online Tata Busana, 2(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v2n1.p%p
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 33