Uji Coba Media Pembelajaran Audio-Visual Dengan Pendekatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Diklat Membuat Desain Hiasan Pada Benda di Kelas X SMKN 1 Buduran

  • Nur Sholichah

Abstract

 

Abstrak

 

Pendidikan merupakan salah satu pembelajaran yang harus ditempuh guna meningkatkan kualitas anak bangsa. Tujuan dari penelitian uji coba media pembelajaran audio visual dengan pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe TAI adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan uji coba media, meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, serta respon siswa dalam membuat desain hiasan pada benda. Penelitian ini mencakup enam fase, yaitu menyampaikan tujuan, menyajikan informasi, mengorganisasi siswa ke dalam kelompok belajar, membimbing kelompok belajar, evaluasi, dan refleksi, serta memberikan penghargaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket, dengan instrumen penelitian yaitu lembar observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa, lembar tes yaitu tes kognitif dan psikomotor serta angket respon siswa yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa baik secara individu maupun klasikal. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan aktivitas guru pada siklus 1 dan 2 masing – masing 90,5%; dan 93,88%. Aktivitas siswa masing–masing siklus 97,93%; dan 98,75%; dan tingkat ketercapaian pada siklus 1 84,21% dan pada siklus 2 adalah 100%, serta hasil perolehan dari angket respon siswa sebesar 73,54%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa uji coba media pembelajaran audio visual dengan pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan belajar dalam membuat desain hiasan pada benda di kelas X SMKN 1 Buduran.

 

Kata Kunci:  Media Pembelajaran Audio Visual, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI, Desain Hiasan.

 

 

Abstract

 

Education is one of learning which must be taken in order to improve the quality of citizen. The aims of research trial of audio-visual learning media by using approach of cooperative learning model type of TAI are to know the success level of media trialed, increase teacher activity, student activity, student learning achievement, and student response in the making of decorative design on objects. This research including six phases, they are communicates the purpose, presents information, organize student into learning groups, guides learning groups, evaluation, reflection, and giving reward. Type of this research was Classroom Action Research, data collecting method used were observation, test, and questionnaire, with research instrument in form of observation sheet for teacher activity and student activity, examination sheets, they are cognitive test, psychomotor test, and student response questionnaire that used to know student learning achievement whether individually or classically. Data analysis method used was descriptive quantitative analysis with percentage. The research yield shows that teacher activity in cycle 1 and 2 respectively 90.5% and 93.88%. Student activity for each cycles were 97.93% and 98.75%; the achievement level at cycle 1 84.21% and at cycle 2 100%, results of student responses questionnaire was 73.54%. By these, could be concluded that the trial of audio-visual learning media with approach of cooperative learning model type of TAI can be used to improve learning capability of making decorative design on objects in grade X SMK 1 Buduran.

 

Keywords: Audio Visual Learning Media, Cooperative Learning Model type of TAI, Decorative Designs.


 

Published
2016-02-02
How to Cite
Sholichah, N. (2016). Uji Coba Media Pembelajaran Audio-Visual Dengan Pendekatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Diklat Membuat Desain Hiasan Pada Benda di Kelas X SMKN 1 Buduran. Jurnal Online Tata Busana, 5(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v5n1.p%p
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 73