Penerapan Model Pembelajaran Langsung Pada Sub Kompetensi Membuat Pola Rok Pias untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMKN 2 Jombang

  • FITRIA NUR KHORIDAH

Abstract

 

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah: Mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar dan ketuntasan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan akhir, pengelolaan pembelajaran belajar. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa. Metode observasi dengan instrumen lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan metode tes. Analisis data mengunakan analisis diskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I Aktivitas Guru pertemuan I sebesar 89%, pertemuan II sebesar 96,2. Aktivitas Siswa pertemuan I sebesar 90,9%, pertemuan II sebesar 95%. Hasil belajar individu dari 34 siswa 23 siswa tuntas dan ketuntasan secara klasikal pada ranah pengetahuan (kognitif) 69% tuntas, ranah keterampilan (Psikomotor) 100% tuntas. Sedangkan pada siklus II Aktivitas Guru pertemuan I sebesar 99,3%, pertemuan II sebesar 96,2. Aktivitas Siswa pertemuan I sebesar 90,9%, pertemuan II sebesar 100%. Hasil belajar individu 34 siswa tuntas dan ketuntasan secara klasikal pada ranah kognitif 99% tuntas, ranah psikomotor 100% tuntas. Jadi hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran  langsung, membuat pola rok pias, hasil belajar siswa.

 

 

Abstract

 

The aims of this research are to know teacher activity, student activity, learning achievement, and learning completeness. This research is Classroom Action Research which consisted of four steps, they are introduction activity, main activity, closing activity, and learning management. The methods used are observation with instruments in form of observation sheet for teacher activity and student activity, also test using question sheet. Data analysis used is descriptive quantitative with percentage. Result of this research shows that within cycle I teacher activity at class meet I was 89%, class meet II 96.2%. Student activity at class meet I was 90.9%, class meet II 95%. The individual learning achievement of 34 students, 23 were completed and 11 were not completed, and classically obtained 69% completed. While within cycle II teacher activity at class meet I was 99.3%, class meet II 96.2%. Student activity at class meet I was 90.9%, class meet II 100%. The individual learning achievement of 34 students were completed and classically completeness obtained 100% completed.  Therefore, the student learning achievement from cycle I to cycle II obtained improvement.

 

Keywords: Direct instruction model, flared skirt pattern making, student learning achievement.   

 

Published
2016-02-05
How to Cite
NUR KHORIDAH, F. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Pada Sub Kompetensi Membuat Pola Rok Pias untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMKN 2 Jombang. Jurnal Online Tata Busana, 5(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v5n1.p%p
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 37