Pengaruh Jenis Kain Terhadap Hasil Jadi Bordir Tiga Dimensi Pada Hairpiece

  • NOVITA WULANSARI

Abstract

 

Abstrak

 

Hairpiece adalah suatu hiasan atau pelengkap busana yang diletakkan pada kepala. Banyak bahan yang bisa dipakai untuk membuat hairpiece sesuai keinginan, seperti sifon, kain organdi, tulle dan lain-lain. Hairpiece bisa di buat dengan menggunakan teknik bordir. Seni bordir awalnya berasal dari Negeri Cina yang dibuat dengan menggunakan tangan dan benang emas biasa disebut dengan sulam (embroidery). Pada perkembangannya sulam ini tidak hanya dibuat dengan tangan, tetapi juga menggunakan mesin yang pada kemudian dikenal dengan sebutan bordir. Pada penelitian ini peneliti menggunakan tiga jenis kain yaitu kain organdi sutera, kain organdi linen dan kain organdi polyester. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari jenis kain terhadap hasil jadi bordir tiga dimensi pada hairpiece dan untuk mengetahui jenis kain manakah yang lebih baik untuk menghasilkan bordir tiga dimensi pada hairpiece.Penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan metode observasi. Observer dalam peneitian dilakukan oleh 25 responden yang terdiri dari 5 orang dosen yang ahli dalam bidang tata busana dan 20 orang mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah bordir 2. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan instrumen observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan statistik anava tunggal (one way anova) dan uji Duncan Test dengan taraf nyata 5%.Pada perhitungan anava tunggal dan uji Duncan Test pada aspek hasil jadi setikan bordir tiga dimensi memperoleh nilai signifikan 0,002 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh jenis kain terhadap hasil jadi bordir tiga dimensi pada hairpiece. Pada aspek kerapian aplikasi bordir tiga dimensi memperoleh nilai signifikan 0,18 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh jenis kain terhadap hasil jadi bordir tiga dimensi pada hairpiece. Kemudian pada aspek kestabilan aplikasi bordir tiga dimensi memperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh jenis kain terhadap hasil jadi bordir tiga dimensi pada hairpiece. Pada hasil analisis data menunjukkan bahwa kain organdi linen lebih baik digunakan sebagai hairpiece dibandingkan dengan kain organdi sutera dan organdi polyester.

 

Kata Kunci: jenis kain, hasil jadi bordir tiga dimensi, hairpiece

 

 

Abstract

 

Hairpiece is an ornament or a complementary fashion that is placed on the head. Many of the materials that can be used to make a hairpiece as desired, such as chiffon, organdy fabrics, tulle and others. Hairpiece can be made by using embroidery techniques. Embroidery art originally had come from China are made by hand using gold thread embroidery commonly called the (embroidery). In the development of embroidery is not only made by hand, but also using a machine that later became known as embroidery. In this study, researchers used three types of fabrics are fabrics of silk organdy, linen and organdy polyester. The purpose of this study was to determine the effect of the type of fabric to be embroidered three-dimensional results on the hairpiece and to determine the type of fabric which is better for generating three-dimensional embroidery on a hairpiece. This study uses data collection by observation. Observer in this research carried out by 25 respondents consisting of five lecturers who are experts in the field of fashion and 20 students who are already taking courses embroidery 2. The instrument of this research using observation instruments. Analysis of the data in this study using single ANOVA statistical calculations (one way ANOVA) and Duncan test Test with significance level of 5%. In the calculation of the single ANOVA and Duncan test results Test on aspects of three-dimensional embroidery gain significant value 0.002 <0.05, which means there are significant types of fabric to the finished product on the three-dimensional embroidery on hairpiece. In the aspect of neatness application of three-dimensional embroidery obtain significant values ​​of 0.18 <0.05, which means there are significant types of fabric to the finished product on the three-dimensional embroidery on hairpiece. Then on aspects of three-dimensional embroidery application stability gained significant value 0.000 <0.05, which means there are significant types of fabric to the finished product on the three-dimensional embroidery on hairpiece. On the results of data analysis showed that organdy linen better used as a hairpiece compared with silk and organdy organdy polyester.

 

Keywords: type of fabric, the results of the three-dimensional embroidery, hairpiece.

 

Published
2016-06-02
How to Cite
WULANSARI, N. (2016). Pengaruh Jenis Kain Terhadap Hasil Jadi Bordir Tiga Dimensi Pada Hairpiece. Jurnal Online Tata Busana, 5(3). https://doi.org/10.26740/jotb.v5n3.p%p
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 43