Pembuatan Media Interaktif Pada Materi Grading Pola Dasar

  • MUNIROTUS SAADAH

Abstract

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media interaktif pada materi grading pola dasar berbasis software articulate studio’13. Selain itu penelitian ini juga bertujuan mengetahui kelayakan media interaktif pada materi grading pola dasar dan mengetahui respon mahasiswa terhadap  media interaktif pada materi grading pola dasar. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa DIII Tata Busana angkatan 2015 yang sedang menempuh mata kuliah grading. Metode penelitian yang digunakan adalah Four-D Model yang terdiri dari tiga fase, yaitu : Define, Design, Develop, Desseminate. Namun dalam penelitian ini desseminate tidak digunakan karena penelitian ini masih dalam ruang lingkup yang kecil. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket kelayakan media dan angket respon mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan penyajian data, analisis tingkat rating, rerata, persentase skor, tabulasi tabel dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah kelayakan media interaktif pada materi grading pola dasar yang telah divalidasi dan dengan hasil rating rerata sebesar 95,58% yang termasuk kategori sangat layak, dan berdasarkan hasil angket respon mahasiswa diperoleh hasil rating rerata sebesar 90,97% yang termasuk kategori sangat layak. Maka dapat disimpulkan bahwa media interaktif pada materi grading pola dasar sangat layak digunakan dalam pembelajaran mata kuliah grading.

 

Kata kunci : Media Pembelajaran, Software Articulate Studio’13, Grading Pola Dasar

 

Abstract

 

This research aims to produce a product media interactive of basic pattern grading based software articulate studio’13. In addition, this research also aims to know advisability media interactive of basic pattern grading and see students response about advisability from media interactive of basic pattern grading. The subject research is students of Diploma Fashion design 2015 are taking grading lesson. The method which use four-D model consist of four phases: Define, Design, Develop and Desseminate. But in this research desseminate has not use because this research is still on small range. Technique of accumulation data uses the advisability media questionnaire and students response questionnaire. Analysis method used presentation data, rating level analysis, average, score precentage, tabel of tabulation and conclusion. This result is advisability of media interactive of basic pattern grading  has been validated with the average rating 95,58% that included in very advisability category, and result of students response get average rating 90,58% that included in very advisability category. This conclusion of media interactive of basic pattern grading is very advisability to use in grading lesson.

 

Keyword: Learning, Media, Articulate Studio, Pattern, Grading.

 

Published
2016-12-08
How to Cite
SAADAH, M. (2016). Pembuatan Media Interaktif Pada Materi Grading Pola Dasar. Jurnal Online Tata Busana, 6(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v6n1.p%p
Abstract Views: 240
PDF Downloads: 160