Pelatihan Teknik Ikat Celup Padat-Shirt Bagi Siswa di SMALB-B Karya Mulia Surabaya

  • CHONILA MARTA MONIKA

Abstract

 

Abstrak

 

Sekolah Luar Biasa Bagian B adalah lembaga pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena mengalami gangguan pendengaran dan komunikasi. Mereka perlu dibekali keterampilan agar kelak setelah lulus sekolah mereka dapat hidup mandiri dan tidak tergantung pada orang lain. Kegiatan tersebut diupayakan bagi siswa di SMALB-B Karya Mulia Surabaya. Karya seni budaya siswa di SMALB-B tersebut meliputi lukisan dan batik, namun faktanya pembuatan motif atau membatik dapat juga dilakukan dengan teknik ikat celup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas pelatih, hasil jadi teknik ikat celup pada t-shirt dan respon peserta. Jenis penelitianiniadalahpre-experimental design dengan rancangan penelitian One Shoot Case Study. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa di SMALB-B tersebut. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan metode angket. Metode analisis data yang digunakan adalah mean untuk aktivitas peserta dan hasil jadi teknik ikat celup, dan persentase untuk respon peserta.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pelatih diperoleh meanrata-rata 3,7 dengan kategori baik. Hasil jadi teknik ikat celup pada t-shirt ditinjau dari 3 aspek yaitu, 1) Ketepatan teknik pembuatan diperoleh nilai rata-rata 91,8 dengan kategori sangat baik, 2) Ketepatan peletakkan motif diperolehnilai rata-rata 92,3 dengan kategori sangat baik, 3) Kesesuaian warna diperoleh nilai rata-rata 90,5 dengan kategori baik. Pada respon peserta pelatihan diperoleh persentase sebesar 94% dengan kategori sangat baik.

 

Kata Kunci: Pelatihan, Teknik Ikat Celup, T-Shirt

 

Abstract

 

Extraordinary school part B is an educational institution for students had the difficulty in following the learning procces because hearing impaiments and communication. They need get other skills, so that one day after they graduate from school they can live independent and not depen on others people. That activty to attain a certain aim for students in Extraordinary Senior High School-B Karya Mulia Surabaya. The culture art work of students in Extraordinary Senior High School-B are painting and batik, but in fact making a motive or membatik can also making tie-dying. The purpose of this study was to determine the activity of the trenee, and how the result of tie-dying on t-shirt and the response of the paticipants. The type of this research use pre-experimental design with one shoot case study. The subject were 15 students in Extraordinary Senior High School-B. The methode of collecting data by observation and questionarie. The methode of analysis data used in the form of an average for the trenee activity and result of tie-dying on t-shirt and percentage to response of the participants.The result of this research is the trenee activity an average score of 3,7 in good categories. There are three aspects of result tie-dying on t-shirt, such as 1) Accurary making techniques obtained average score 91,8 with very good category, 2) Accurary laying motive obtained average score 92,3 with very good category, 3) Compatibility colour obtained average score 90,5 with good category. And response of participants obtioned a percentage of 94% with very good category. 

 

Keyword: Training, Tie-dying, T-Shirt

 

Published
2017-01-05
How to Cite
MARTA MONIKA, C. (2017). Pelatihan Teknik Ikat Celup Padat-Shirt Bagi Siswa di SMALB-B Karya Mulia Surabaya. Jurnal Online Tata Busana, 6(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v6n1.p%p
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 54