Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Pada Sub Kompetensi Membuat Pola Rok Sesuai Ukuran Standar di Kelas XI Busana Butik 5 SMK Negeri 6 Surabaya

  • NUR HASANAH

Abstract

 

Abstrak

 

Model pembelajaran kooperatif tipe TAI adalah model pembelajaran yang disusun dengan menggabungkan pembelajaran secara berkelompok dan individu. Tujuan penelitian model pembelajaran kooperatif tipe TAI ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar siswa pada sub kompetensi membuat pola rok dengan menggunakan ukuran standar. Penelitian ini mencakup enam fase, yaitu menyampaikan tujuan, menyajikan informasi, mengorganisasi siswa ke dalam kelompok belajar, membimbing kelompok belajar, evaluasi, dan refleksi, serta memberikan penghargaan.  Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre Experimental Design, dengan menggunakan desain penelitian The One Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data yang digu-nakan adalah metode tes dengan instrumen penelitian yaitu lembar soal untuk, lembar soal yaitu tes kognitif dan psikomotor yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan uji Chi Square dibantu dengan menggunakan aplikasi SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar siswa pada sub kompetensi membuat pola rok dengan menggunakan ukuran standar. Terbukti dengan adanya perbedaan hasil belajar siswa pada pre-test dan post test. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI  terhadap hasil belajar siswa siswa di kelas XI Busana Butik 5 SMK Negeri 6 Surabaya.

 

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization, hasil belajar siswa, sub kompetensi membuat pola rok dengan menggunakan ukuran standar

 

 

Abstract

 

Team assisted individualization cooperative learning is a learning model which is arranged by combining groups and individuals instruction. The purpose of the study is to find out the impact of TAI cooperative learning towards the students’ learning achievement in the making of used standardized skirt pattern sub competency. This study has six phases, those are conveying the purpose, delivering information, organizing students in study groups, guiding study groups, evaluating, reflecting, and giving rewards. The type of this research  is Pre Experimental Design using The One Group Pretest-Posttest design. The data collection used in this study is test method, and the instruments used are cognitive and psychomotor test worksheets to find out the students’ learning achievement. The data analysis used is quanttative analysis Chi Square, and data analysis by SPSS 18 series. The result shows that there is influence towards the implementation of team assisted individualization cooperative learning in the sub competency of standardized skirt pattern making. It is proven by the different results of students’ learning between pre-test and post-test. Therefore, it can be stated that there is significant influence towards the implementtation of team assisted individualization cooperative learning in the sub competency of used standardized skirt pattern making to the XI fashion boutique 5 graders of SMK Negeri 6 Surabaya.

 

Keywords: Team assisted individualization cooperative learning, student’s learning achievement, sub competency of used standardized skirt pattern making

 

Published
2017-01-16
How to Cite
HASANAH, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Pada Sub Kompetensi Membuat Pola Rok Sesuai Ukuran Standar di Kelas XI Busana Butik 5 SMK Negeri 6 Surabaya. Jurnal Online Tata Busana, 6(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v6n1.p%p
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 34