Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning (IBI) Pada Mata Pelajaran Membuat Busana Costum Mode Kelas X Wirausaha Tata Busana di SMK Negeri 1 Buduran  

  • Dwi Setiyo Arini

Abstract

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui keterlaksanaan penerapan model pembelajaran inkuiri, 2) mengetahui hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotor. Jenis penelitian ini adalah Penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dengan observasi dan tes unjuk kerja. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Buduran pada kelas X Wirausaha Tata Busana dengan jumlah 35 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian membuktikan bahwa 1) keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri dapat terlaksana dan berjalan dengan baik sesuai dengan sintaks, 2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotor pada mata pelajaran busana costum made. Temuan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri meningkatkan sikap afektif siswa terutama pada sikap percaya diri dan kerjasama.

 

Kata kunci:   Model pembelajaran inquiry based learning, hasil belajar siswa, pembuatan busana costum made.

 

Abstract

 

The aim of this research are 1) to know whether the inquiry method are working and 2) to find out the student’s result of the study in affective and psychomotor sector. This research use descriptive as it design. In collecting the data, the researcher used observation and practice test. The researcher conduct at X grade entrepreneurship Fashion Design of SMK Negeri 1 Buduran with amount of 35 students. The data analysis used by the researcher is the percentage of descriptive quantitative. The result of the research proved that 1) inquiry method is working well based on the syntax, and 2) there is a progress of student’s result in affective an psychomotor sector at clothing Costume Made subject. The research finding showed that the implementation of inquiry method increase the student’s affective sector especially in critical thinking skill and teamwork.

 

Keywords:             Inquiry based learning model, student learning achievement, making clothing costume made

Published
2017-07-24
How to Cite
Setiyo Arini, D. (2017).  Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning (IBI) Pada Mata Pelajaran Membuat Busana Costum Mode Kelas X Wirausaha Tata Busana di SMK Negeri 1 Buduran  . Jurnal Online Tata Busana, 6(3). https://doi.org/10.26740/jotb.v6n3.p%p
Abstract Views: 92
PDF Downloads: 107