Penerapan Model Pembelajaran TPS dengan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembuatan Pola Blus di SMKN 8 Surabaya

  • BARLINTIY ANIQ
  • ANNEKE ENDANG KARYANINGRUM

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan peningkatan hasil belajar siswa siswa pada ranah kognitif dan psikomotorik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan media video pembelajaran di kelas X Tata Busana I SMK Negeri 8 Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus, yaitu: perencanaan, pelaksanaan/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui lembar unjuk kerja dan tes formatif siklus I, II dan III. Hasil penelitian siklus I hasil belajar siswa berdasarkan penilaian ketuntasan belajar klasikal sebesar 48% pada nilai kognitif, sedangkan nilai psikomotor sebesar 79%. Pada siklus II, persentase hasil belajar siswa mencapai 94% pada nilai kognitif sedangkan nilai psikomotor mendapatkan persentase hasil belajar sebesar 88%. Pada siklus III nilai kognitif mencapai 100%, sedangkan nilai psikomotor persentase hasil belajar siswa sebesar 94%. Peningkatan persentase nilai hasil belajar siswa disetiap siklusnya, pada siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 46% pada ranah kognitif dan 9% pada ranah psikomotor, serta besar peningkatan nilai hasil belajar pada siklus II ke siklus III sebesar 6% pada ranah kognitif maupun ranah psikomotor. Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi penigkatan hasil belajar siswa kelas X Tata Busana I di SMK Negeri 8 Surabaya melalui penerapan model pembelajaran TPS dengan media video pada mata pelajaran pembuatan pola blus.

Kata Kunci: Think Pair Share, video, dan hasil belajar pembuatan pola

Abstract

The purpose of the study is determining learning outcomes and improvement learning outcomes cognitive and psychomotor using the model of TPS (Think Pair Share) which utilized video as method of X grade of Fashion Department in SMK Negeri 8 Surabaya. Data collection technique was using performance sheets and formative test cycle I, II, and III. The cognitive result of research in cycle I acquired the percentage of learning outcomes based KBK reached 48%. On the other hand, considered the psychomotor side 79% of completed classical study. In cycle II, there was an increasing cognitive grade by 94%, meanwhile its psychomotor grade reached 88%. In cycle III, we observed that the cognitive grade had increased gradually 100%. The same went to psychomotor which have had 94%. There was increase in value from cycle I to cycle II by 46% in cognitive and 9% in psychomotor, we observed learning outcomes from cycle II to cycle III of 6% in cognitive and psychomotor. To sum up, we concluded that there was a raising number of study result in X grade of Fashion Department in SMK Negeri 8 Surabaya through the implementation of TPS learning model which was improved by video utilization on blouse pattern making subject.

Key Words: Think Pair Share, video, and learning outcomes of the pattern making

Published
2018-06-21
How to Cite
ANIQ, B., & ENDANG KARYANINGRUM, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran TPS dengan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembuatan Pola Blus di SMKN 8 Surabaya. Jurnal Online Tata Busana, 7(2). https://doi.org/10.26740/jotb.v7n2.p%p
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 85