Perbedaan Hasil Jadi Jumputan Pada Kain Tricot Poliester 20s, 24s dan 30s Dengan Zat Warna Dispersi

  • Eko Yuliawan Mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana
  • Inty Nahari Dosen Pembimbing S1 Pendidikan Tata Busana

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu proses pembuatan jumputan pada kain tricot poliester yaitu 20s, 24s dan 30s dengan zat warna dispersi. Zat warna dispersi yang merupakan zat warna polyester. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil jadi jumputan pada kain tricot poliester 20s, 24s dan 30s dengan zat warna dispersi. Variabel bebas: kain tricot poliester 20s, 24s dan 30s. Variabel terikat: hasil jadi jumputan kain tricot poliester ditinjau dari aspek daya serap, ketajaman warna kain tricot poliester, hasil jadi motif jumputan dan tingkat kesukaan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava tunggal.

Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil pada jumputan pada kain tricot poliester 20s, 24s dan 30s dengan zat warna dispersi pada aspek daya serap warna, ketajaman warna hasil jadi motif. Berdasarkan taraf siknifikan 0.05 pada aspek daya serap warna kain tricot poliester Ha signifikan dengan taraf 0.01 (P < 0.05). Pada aspek ketajaman warna kain tricot poliester Ha signifikan dengan taraf 0.00 (P < 0.05). Pada aspek daya serap dan ketajaman warna, tricot poliester 20s paling tinggi, hal ini dipengaruhi oleh karateristik tricot poliester 20s lebih tebal dan banyak jumlah serat poliesternya. Pada aspek hasil jadi motif jumputan, ketiga kain tricot tersebut memiliki hasil jadi yang sama, dipengaruhi oleh proses pembuatan jumputan setelah pencelupan, pada saat pembilasan warna meresap kembali pada motif jumputan. Sedangkan pada aspek tingkat kesukaan persentase tertinggi adalah tricot poliester 30s,dipengaruhi oleh karateristik tricot poliester 30s lebih tipis dan halus bahannya.

Kata kunci: jumputan, tricot poliester, zat warna dispersi.

Published
2013-05-24
How to Cite
Yuliawan, E., & Nahari, I. (2013). Perbedaan Hasil Jadi Jumputan Pada Kain Tricot Poliester 20s, 24s dan 30s Dengan Zat Warna Dispersi. Jurnal Online Tata Busana, 2(2). https://doi.org/10.26740/jotb.v2n2.p%p
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 87