PENGARUH JENIS FIKSATOR TERHADAP HASIL JADI PEWARNAAN ALAMI DENGAN AIR REBUSAN KENIKIR PADA BUSANA ANAK

  • INTAN MAHARANI WICAKSONO
  • IRMA RUSSANTI

Abstract

Air rebusan tanaman kenikir dapat dimanfaatkan sebagai zat pewarna alami karena mengandung zat beta karoten yang merupakan golongan karotenoid (pigmen). Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh jenis fiksator terhadap hasil jadi pewarnaan dengan air rebusan kenikir ditinjau dari aspek kerataan warna dan ketajaman warna. Penelitian ini merupakan jenis penelitan eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi menggunakan lembar pengamatan dan dianalisis dengan analisis varians satu arah melalui program SPSS 20.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh jenis fiksator terhadap hasil jadi pewarnaan dengan air rebusan kenikir pada aspek kerataan dan ketajaman warna. Berdasarkan hasil uji anava satu arah terhadap aspek kerataan warna diperoleh Fhitung sebesar 9,447 dengan nilai signifikan 0,000 (α ≤ 0,05) dan Fhitung sebesar 4,730 dengan nilai signifikan 0,011 (α ≤ 0,05) pada aspek ketajaman warna.

Kata kunci: Fiksator, Pewarnaan alami, Kenikir, Busana anak.
Published
2019-12-10
How to Cite
MAHARANI WICAKSONO, I., & RUSSANTI, I. (2019). PENGARUH JENIS FIKSATOR TERHADAP HASIL JADI PEWARNAAN ALAMI DENGAN AIR REBUSAN KENIKIR PADA BUSANA ANAK. Jurnal Online Tata Busana, 9(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 318
PDF Downloads: 197