Pengembangan Modul Ekstrakurikuler Kerajinan Di SMK Negeri 3 Probolinggo

  • FILDZAH JAZILAH
  • LUTFIYAH HIDAYATI

Abstract

Abstrak

Modul merupakan bahan ajar yang dapat membantu siswa pada kegiatan ekstrakurikuler kerajinan menjadi lebih mandiri untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Tujuan, penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan tingkat validitas modul ekstrakurikuler kerajinan di SMK Negeri 3 Probolinggo, (2) mendeskripsikan hasil belajar dengan modul ekstrakurikuler kerajinan di SMK Negeri 3 Probolinggo, (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapana modul ekstrakurikuler kerajinan di SMK Negeri 3 probolinggo.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunkan model ADDIE melalui 5 tahap. Tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (Implementation) dan tahap evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian sejumlah 20 siswa yang mengikuti. kegiatan ekstrakurikuler kerajinan di SMK Negeri 3 Probolinggo. Metode. pengumpulan. data yang digunakan yaitu rubrik validasi, penilaian hasil belajar yaitu dengan lembar penilaian produk siswa dan angket respon siswa. Teknik analisisidata yang digunakan.yaitu. analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian ini (1) tingkat validitas modul ekstrakurikuler adalah 3.67 dengan kriteria sangat layak, (2) hasil belajar siswa menggunakan modul ekstrakurikuler kerajinan sebanyak 20 sangat berhasil. Tingkat ketuntasan belajar hasil ekstrakurikuler 100% tuntas, (3) respon siswa terhadap penggunaan modul ekstrakurikuler kerajinan yaitu 3.68 dengan kriteria sangat baik. Maka modul bermanfaat sebagai bahan ajar ekstrakurikuler kerajinan di SMK Negeri 3 Probolinggo.

Kata kunci : Pengembangan, modul ekstrakurikuler, kerajinan

Abstract

Module is teaching materials that can help students in craft extracurricular activities become more independent to achieve the expected competencies. The purpose of this study are (1) describe the level of validity the craft extracurricular module at Vocational School 3 Probolinggo (2) describe the learning outcomes with the craft extracurricular module in Vocational School 3 Probolinggo (3) describe the students responses to the application of the craft extracurricular module in Vocational School 3 probolinggo.

This type of research is research and development using the ADDIE model through 5 phase. Analysis,Design, Development, Implementation and Evaluation. The research subjects were 20 students who participated in craft extracurricular activities at Vocational School 3 Probolinggo. Data collected by validation rubric, assessment learning outcomes collected by product assessment. The data analysed descriptive analysis.

The results study (1) the level of validity of extracurricular modules is 3.67 with very decent criteria, (2) student learning outcomes using craft extracurricular modules as many as 20 people is very good. The level of mastery learning extracurricular results 100% complete, (3) the students response of the craft extracurricular module is 3.68 with very good. Therefor the module is useful as a craft extracurricular teaching material in Vocational School 3 Probolinggo

Keywords: Development, extracurricular modules, craft






Published
2019-12-13
How to Cite
JAZILAH, F., & HIDAYATI, L. (2019). Pengembangan Modul Ekstrakurikuler Kerajinan Di SMK Negeri 3 Probolinggo. Jurnal Online Tata Busana, 9(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 70