Upcycle Kemeja Untuk Busana Anak Melalui Pelatihan Di Rumah Gemilang Indonesia (RGI) Surabaya

  • CITRA AULIA RAHMADYANTI
  • IRMA RUSSANTI

Abstract

Abstrak

Rumah Gemilang Indonesia (RGI) merupakan unit pemberdayaan dan pusat pelatihan. Materi pembelajaran yang disiapkan untuk membekali para santri meliputi pembuatan blouse, rok, celana, dan kemeja pria. Santri hanya di ajarkan membuat busana untuk usia dewasa dan tidak untuk usia anak – anak. Sehingga peneliti mengadakan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan para santri dengan memberikan materi tentang busana anak. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahuai keterlaksanaan pelatihan, hasil pelatihan, dan respon peserta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pelatihan yang digunakan adalah metode praktek dengan teknik On Job Trainning. Subject penelitian sebanyak 15 orang santri Rumah Gemilang Indonesia (RGI) Surabaya. Metode pengumpulan data adalah observer, tes kinerja, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas instruktur diperoleh nilai rata – rata 4,5 dengan kategori sangat baik dan aktivitas peserta diperoleh nilai rata – rata 4,5 dengan kategori sangat baik. Kesimpulan untuk hasil keterlaksanaan pelatihan mendapatkan nilai rata – rata 4,5 dengan kategori sangat baik. Hasil jadi pelatihan 20% peserta memperoleh nilai sangat baik, 40% peserta memperoleh nilai baik, 27% peserta memperoleh nilai cukup baik, dan 13% peserta memperoleh nilai kurang baik. Menggunakan nilai standart 70, dapat disimpulkan bahwa 12 peserta memperoleh nilai rata – rata 77,5 dengan kategori baik dan 3 peserta memperoleh nilai rata – rata 61,6 dengan kategori cukup baik. Respon peserta diperoleh persentase 96% dengan katagori sangat baik.

Kata kunci : Pelatihan, Upcycle, Kemeja, Busana Anak.


Abstract

Rumah Gemilang Indonesia (RGI) is an empowerment unit and training center. Learning materials prepared to equip students include making blouse, skirts, pants and mens shirts. Santri is only taught to make clothes for adults and not for children. So researchers conducted training to improve the knowledge of the students by providing material about childrens clothing. The purpose of the study was to determine the implementation of the training, the results of the training, and participant responses. This type of research is quantitative descriptive research. The training method used is a practical method with the On Job Trainning technique. The research subjects were 15 students of Rumah Gemilang Indonesia (RGI) Surabaya. Data collection methods are observers, performance tests, and questionnaires. The results showed that instructor activity obtained an average value of 4.5 with a very good category and participant activity obtained an average value of 4.5 with a very good category. Conclusion for the result implementation of the training gets an average grade of 4.5 with a very good category. Outcomes of training 20% ​​of participants received very good grades, 40% of participants received good grades, 27% of participants received good grades, and 13% of participants received poor grades. Using a standard value of 70, it can be concluded that 12 participants received an average value of 77.5 with a good category and 3 participants received an average score of 61.6 with a fairly good category. The response of participants obtained a percentage of 96% with a very good category.

Keywords: Training, Upcycle, Shirts, Childrens Clothing.
Published
2020-02-19
How to Cite
AULIA RAHMADYANTI, C., & RUSSANTI, I. (2020). Upcycle Kemeja Untuk Busana Anak Melalui Pelatihan Di Rumah Gemilang Indonesia (RGI) Surabaya. Jurnal Online Tata Busana, 9(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 103