Pengaruh Jenis Setik Bordir Terhadap Hasil Jadi Bordir Kebaya Modifikasi Pada Bahan Tulle

  • Rinda Indriana B Mahasiswa Tata Busana
  • Budi Utami Dosen Tata Busana

Abstract

Abstrak

Penelitian tentang kebaya modifikasi menggunakan bahan tulle yang dibordir dengan empat jenis setik yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil jadi bordir dengan teknik setik lurus, setik loncat, setik esek, dan setik pasir pada kebaya modifikasi menggunakan bahan tulle ditinjau dari aspek kerataan hasil jadi bordir pada bahan tulle, aspek kestabilan hasil jadi bordir pada bahan tulle, aspek kerapihan hasil jadi bordir pada bahan tulle dan aspek keseluruhan hasil jadi bordir pada kebaya; untuk mengetahui pengaruh jenis setik bordir terhadap hasil jadi kebaya modifikasi menggunakan bahan tulle; untuk mengetahui yang paling baik dari hasil jadi bordir menggunakan setik esek, setik loncat dan setik pasir pada kebaya modifikasi menggunakan bahan tulle. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava tunggal dengan taraf signifikansi < 0,05.

Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa hasil jadi bordir ditinjau dari aspek kerataan hasil jadi bordir pada bahan tulle, setik esek termasuk dalam kategori baik. Ditinjau dari aspek kestabilan hasil jadi bordir pada bahan tulle, setik esek termasuk dalam kategori baik. Ditinjau dari aspek kerapihan hasil jadi bordir pada bahan tulle, setik lurus, setik loncat, setik esek dan setik pasir termasuk dalam kategori baik. Ditinjau dari aspek keseluruhan hasil jadi bordir pada kebaya, setik lurus, setik loncat, setik esek dan setik pasir termasuk dalam kategori baik. Tidak ada pengaruh yang signifikan dari empat teknik bordir (setik lurus, setik loncat, setik esek dan setik pasir) yang digunakan terhadap hasil jadi bordir pada kebaya modifikasi. Dari empat aspek yang dinilai diketahui hasil terbaik dari empat teknik bordir yang digunakan (setik lurus, setik loncat, setik esek dan setik pasir) adalah setik esek, yang semuanya termasuk dalam kategori baik.

 

Kata kunci: bordir, tulle, kebaya modifikasi.

Abstract

 

Research was about modification of kebaya using tulle fabric embroidery with four different type of stitch. The purpose of this research was to know the product of embroidery using stitch technique of straight stitch, skipped stitch, esek stitch, and sandy stitch at modification of kebaya using tulle fabric viewed from flatness aspect on the outcomes of tulle fabric, stability, neatness, and totally aspect on the outcomes of embroidery at kebaya; to know the influence of embroidery stitch type on product of kebaya modification using tulle fabric; to know the best product of embroidery using straight stitch, esek stitch, skipped stitch, and sandy stitch at modification of kebaya using tulle fabric. Data collecting method used in this research was observation. Data analysis used was one way anava with significance < 0.05.

Based on data analysis could be concluded that product of embroidery viewed from flatness aspect of embroidery on tulle fabric, esek stitch included in good category. Viewed from stability aspect of embroidery on tulle fabric the esek stitch included in good category. Viewed from neatness aspect of embroidery on tulle fabric the straight stitch, skipped stitch, esek stitch and sandy stitch included in good category. Viewed from totally aspect of embroidery on kebaya the straight stitch, skipped stitch, esek stitch, and sandy stitch included in good criteria. There were no significant influence of four types of embroidery technique (straight stitch, skipped stitch, esek stitch and sandy stitch) used on the outcome of embroidery on kebaya modification. From four aspects valuated known that the best product from four techniques used was esek stitch, which all of it were included in good category.

 

Keyword: embroidery, tulle, modification of kebaya

Published
2013-07-22
How to Cite
B, R., & Utami, B. (2013). Pengaruh Jenis Setik Bordir Terhadap Hasil Jadi Bordir Kebaya Modifikasi Pada Bahan Tulle. Jurnal Online Tata Busana, 2(3). https://doi.org/10.26740/jotb.v2n3.p%p
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 89