Penerapan Learning Cycle untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Pada Standar Kompetensi Menghias Busana Siswa Kelas X SMKN 6 Surabaya

  • Puji Lestari Mahasiswa Tata Busana
  • Ratna Suhartini Dosen Tata Busana

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang di rencanakan dalam dua siklus. Di awali dengan uji/validasi kelayakan perangkat pembelajaran dan instrument penelitian mencakup silabus, RPP, modul, dan lembar observasi, oleh dosen ahli dan guru mata pelajaran.

Hasil penelitian pembelajaran LC dengan aktifitas guru terlaksana 100% dengan criteria penilaiannya ‘sangat baik’ (98,38%) dan terjadi peningkatan (2,25%), dari siklus I criteria penilaiannya ‘sangat baik’ (97,25%) ke siklus II criteria penilaiannya ‘sangat baik’ (99,5%). Aktifitas siswa terlaksana 100% criteria penilaiannya (95,65%) dan terjadi peningkatan (7,75%), dari siklus I criteria penilaiannya ‘sangat baik’ (91,75) ke siklus II criteria penilaiannya ‘sangat baik’ (99,5%). Hasil belajar mencapai ketuntas sangat baik dengan nilai ketuntasan individu (80) dan kelas (94,6%) dari KKM sekolah yang telah di tetapkan yaitu individu (78) kelas (85%). Hasil peningkatan yaitu individu (2,56%) kelas (1,2%), peningkatan tersebut di peroleh dari siklus I dengan criteria penilaian ‘baik’ (79,89) dan pada siklus II dengan criteria penilaian ‘sangat baik’ (80,1) pada ketuntasan belajar secara individu. Siklus I dengan penilaian ‘sangat baik’ (89,2%) dan siklus II dengan criteria penilaian ‘sangat baik’(100%) pada ketuntasan belajar kelas.

Kata kunci : learning cycle, proses, dan hasil belajar

Abstract

This research was classroom action research which planned in two cycles. Begin with proper test/validation of learning set and research instrument covering syllabus, lesson plan, module, and observation sheet by expert lecturer and subject teacher.

Result of learning LC research with teacher activity 100% realized with “very good” criteria (98.38%) and occurred improvement 2.25%, from cycle I was “very good” (97.25%) to cycle II with criteria “very good” (99.5%). Student activity 100% realized, it valuation criteria (95.65%) and occurred improvement (7.75%) from cycle I with criteria “very good” (91.75) to cycle II with criteria “very good” (99.5%). Learning achievement achieved very good completeness with grade of individual completeness (80) and classical completeness (94.6%) from school standard determined before, that are individual (78) and classical (85%). Improvement result for individual was (2.56%) and classical was (1.2%). That improvement obtained from cycle I with “good” criteria (79.89) and at cycle II with “very good” criteria (80.1) for individual learning completeness. Cycle I with “very good” criteria (89.2%) and cycle II with “very good” criteria (100%) for classical learning completeness.

Key words: learning cycle, process, learning achievement.

Published
2013-07-30
How to Cite
Lestari, P., & Suhartini, R. (2013). Penerapan Learning Cycle untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Pada Standar Kompetensi Menghias Busana Siswa Kelas X SMKN 6 Surabaya. Jurnal Online Tata Busana, 2(3). https://doi.org/10.26740/jotb.v2n3.p%p
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 23