ANALISIS PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS PRODUCT ORIENTED BAGI PESERTA DIDIK SMK

  • Ananda Siti Hajar
  • Lutfiyah Hidayati

Abstract

Perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 memberi banyak peluang sekaligus tantangan pendidikan kejuruan. Penggunaan modul interaktif dapat menunjang proses belajar dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan yang digolongkan ke dalam pengetahuan transcience-knowledge, mengembangkan pengetahuan dan melatih keterampilan life skill berbasis seni dan teknologi berbasis ekonomis untuk menyiapkan lulusan SMK yang kompeten di abad XXI. Artikel ini menggunakan jenis data sekunder yang diperoleh dari penelitian terdahulu dan buku-buku yang berkaitan dengan topik penelitian ini.  Pengkajian dilakukan dengan metode studi literatur. Adapun tujuan dari studi literatur ini antara lain: 1) menguraikan pentingnya penggunaan modul interaktif sebagai media pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada materi pengolahan produk/jasa berbasis product oriented di tengah perkembangan teknologi era revolusi industri 4.0, 2) menguraikan skema prosedur pengembangannya, 3) menguraikan keunggulan dan keterbatasannya.Hasil kajian mengungkapkan bahwa: 1) modul interaktif menjadi inovasi media pembelajaran baru yang relevan dalam peningkatan kualitas pembelajaran  Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada materi pengolahan produk barang/jasa berbasis product oriented bagi peserta didik di tengah perkembangan teknologi era revolusi industri 4.0, dimana bidang kajian kewirausahaan yang berkembang pesat dapat mudah diterima dan dipahami oleh peserta didik dengan memanfaatkan digitalisasi dalam mengemas materi ajar modul cetak menjadi modul yang lebih interaktif, sehingga diharakapkan dapat menyiapkan calon lulusan yang berkompeten di abad XXI, 2) modul interaktif pada pembelajaran  Produk Kreatif dan Kewirausahaan materi pengolahan produk barang/jasa berbasis product oriented bagi siswa SMK dikembangkan dengan metode penelitian dan pengembangan (research and development),  3) modul interaktif sebagai alternatif pengganti media cetak  disamping memiliki banyak keunggulan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran juga memiliki keterbatasan, yaitu dalam pengembangannya yang memerlukan keahlian khusus serta dalam penggunaannya yang memerlukan perangkat dan pemahaman yang memadai sebagai media pembelajaran yang memanfaatkan perkembangan teknologi.

Published
2020-12-12
How to Cite
Hajar, A., & Hidayati, L. (2020). ANALISIS PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS PRODUCT ORIENTED BAGI PESERTA DIDIK SMK. Jurnal Online Tata Busana, 9(03), 1-15. https://doi.org/10.26740/jotb.v9n03.p1-15
Abstract Views: 199