EFEKTIVITAS TEACHING FACTORY DALAM MENINGKATKAN JIWA WIRAUSAHA SISWA SMK JURUSAN TATA BUSANA

  • Nuradha Pingki Ambarsari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK - Model pembelajaran teaching factory adalah strategi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan di SMK dan menjadi konsep pembelajaran dalam suasana yang sebenarnya di dunia kerja, yang akhirnya gap kompetensi antara pembelajaran di sekolah dan kebutuhan industri bisa dijembatani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi model pembelajaran teaching factory guna meningkatkan jiwa wirausaha siswa SMK. Metode yang diaplikasikan pada penelitian ini adalah library research terhadap penerapan model pembelajaran teaching factory yang dilaksanakan di beberapa SMK jurusan tata busana. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan seluruh informasi penting pada jurnal-jurnal yang ada relevansinya dengan penelitian. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa model pembelajaran teaching factory terbukti efektif untuk meningkatkan jiwa wirausaha siswa terutama dalam meningkatkan inovasi dan kreativitas. Model pembelajaran ini diimplementasikan dengan konsep berwirausaha, yakni siswa dilibatkan secara langsung dan mereka mengemban tanggung jawabnya pada tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelaksanaan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk kreatif dan inovatif ini akan berpengaruh baik bagi lulusannya. Contoh konkretnya berupa produksi siswa SMK yang dapat meningkatkan potensi mereka di bidang industri kreatif.

Kata Kunci: Efektivitas, Teaching Factory, Jiwa Wirausaha

 

ABSTRACT- The teaching factor model is a strategy utilized to solve the problems on the vocational high school in which teaching factory emerges as a concept of study in the actual environment in works. Hence, the gap of competition between industry demand and the learning in schools can be bridged. This study is aimed at examining the implementation of the teaching factory model in enhancing the spirit of the entrepreneurship in the vocational high school students. The method utilized in this research is library research on utilizing teaching factory learning which is accomplished in several vocational schools majoring in fashion. Data collection is undertaken by collecting all important information in journals associated with this study. The results demonstrate that the teaching factory learning model is effective in increasing entrepreneurship, especially for inovation and creativity. The teaching factory is applied with the concept of entrepreneurship involving students directly where students are responsible for the planning, implementation, and evaluation stages. Applying this learning model requires students to be creative and innovative. This will give a good effect on graduates. The concrete example of this effect is shown in the production of vocational students that can increase their potential in the creative industry.

Keywords: Effectiveness, Teaching Factory, Entrepreneurial Spirit

Published
2021-01-19
How to Cite
Ambarsari, N. (2021). EFEKTIVITAS TEACHING FACTORY DALAM MENINGKATKAN JIWA WIRAUSAHA SISWA SMK JURUSAN TATA BUSANA. Jurnal Online Tata Busana, 9(03), 151-160. https://doi.org/10.26740/jotb.v9n03.p151-160
Abstract Views: 274
PDF Downloads: 269