VALIDASI MEDIA PROTOTIPE PEMBUATAN AKSESORIS DARI DASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPIAN IBU PKK DESA JANTI KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO

  • Ni'matul Amalia Student

Abstract

ABSTRAKMedia pembelajaran dapat mewakili apa yang kurang mampu instruktur ucapkan melalui kata-kata, sehingga keabstrakan bahan dapat dikonkretkan dengan kehadiran media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menghasilkan handout prototipe yang valid, efektif dan praktis  sebagai media pelatihan pembuatan aksesoris dari dasi  ibu PKK Desa Janti Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Subjek penelitian ini adalah 5 orang validator ahli dari bidang tata busana. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini membuat empat macam desain aksesoris dasi yang telah di ujikan pada 5 ahli dalam bidang busana untuk mengetahui kelayakan media permbelajaran dan hasil produk. Penilaian tersebut antara lain melalui aspek desain, warna, daya pakai dan kombinasi. Hasil penelitian diketahui melalui aspek desain, produk yang paling baik adalah produk 1. Untuk aspek warna, produk yang dominan adalah produk 2. Responden menganggap aspek warna atau warna yang dipilih peneliti dalam pembuatan produk sudah baik. Dalam aspek daya pakai prototipe sangat valid dengan nilai prosentase 88%, kemudian sangat valid untuk aspek kombinasi dengan prosentasi 88%. Kemudian hasil validasi yang telah didapat dari kelima responden menyatakan bahwa semua aspek penilaian sangat valid dengan dominan yang unggul adalah produk 1.

Kata Kunci : aksesoris, dasi, media pembelajaran, media prototipe.

 

ABSTRACTLearning media can represent what the instructor is less able to say through words, so that the abstractness of the material can be concrete in the presence of learning media. This research is a quantitative descriptive study which aims to produce a valid, effective and practical prototype handout as a training medium for making accessories from the necktie of PKK's mother, Janti Village, Waru District, Sidoarjo Regency. The subjects of this study were 5 expert validators from the field of fashion. The data collection technique used in this study made four kinds of tie accessories designs that were tested on 5 experts in the fashion sector to determine the feasibility of learning media and product results. This assessment includes aspects of design, color, usability and combination. The research result is known through the design aspect, the best product is product 1. For the color aspect, the dominant product is the product 2. Respondents consider the color aspect or color chosen by the researcher in making the product is good. In terms of usability, the prototype is very valid with a percentage value of 88%, then very valid for the combination aspect with a percentage of 88%. Then the validation results that have been obtained from the five respondents stated that all aspects of the assessment are very valid with the dominant being superior is product 1.

Keywords: accessories, learning media, prototype media, tie

Published
2021-01-20
How to Cite
Amalia, N. (2021). VALIDASI MEDIA PROTOTIPE PEMBUATAN AKSESORIS DARI DASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPIAN IBU PKK DESA JANTI KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Online Tata Busana, 10(01), 23-29. https://doi.org/10.26740/jotb.v10n01.p23-29
Abstract Views: 255
PDF Downloads: 237