PENGEMBANGAN MODUL PELATIHAN HAND PAINTING UNTUK EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

  • Siti Nor Azlina UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

ABSTRAK— Kegiatan ekstrakurikuler merupakan bagian dari kegiatan pengembangan diri yang di rancang sekolah guna memenuhi kebutuhan belajar siswa. Salah satu kegiatan esktrakurikuler yang layak diterapkan adalah hand painting. Hand painting ini bisa membantu serta menambah keterampilan siswa tentang teknik menghias khususnya pada busana pelengkap busana maupun lenan rumah tangga. Penelitian ini memiliki tujuan antara lain: (1) Membuat modul pelatihan hand painting untuk ekstrakurikuler di SMK. (2) Mendiskripsikan kelayakan modul pelatihan Hand painting untuk ekstrakurikuler di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (RnD) menggunakan metode pengembangan Borg & Gall. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menguji validitas modul yang akan dibuat. Hasil dari penelitian ini yaitu skor tertinggi adalah aspek pendahuluan dengan skor mean 4,5 dengan keterangan sangat baik. Selanjutnya pada aspek pembelajaran mendapatkan nilai skor mean 3,9 dengan keterangan baik. Pada aspek isi mendapatkan skor mean 3,6 dan dengan keterangan baik. Kemudian aspek tugas mendapatkan skor mean 4,1 dengan keterangan sangat baik. Yang terakhir adalah aspek tugas dengan skor mean 3,9 mendapatkan keterangan baik. Untuk uji coba modul mendapatkan rata-rata 92% dikategorikan sangat baik dan modul layak digunakan.

Kata Kunci: modul, hand painting, pelatihan

 

ABSTRACT— Extracurricular activities are part of self-development activities designed by schools to meet student learning needs. One of the extracurricular activities that is worth implementing is hand painting. This hand painting can help and increase students' skills in decorating techniques, especially in complementary clothing and household linen. This study has the following objectives: (1) Creating a Hand painting training module for extracurricular activities at SMK. (2) Describe the feasibility of the Hand painting training module for extracurricular activities at SMK. The type of this research is Research and Development (RnD) which used Borg & Gall development method. The method used is descriptive quantitative by testing the validity of the module to be made. The result of this study is that the highest score is the preliminary aspect with a mean score of 4.5 with very good information. Furthermore, in the learning aspect, the mean score is 3.9 with good information. In the content aspect, the mean score is 3.6 and with good information. Then the task aspect gets a mean score of 4.1 with very good information. The last one is the aspect of the task with a mean score of 3.9 that gets good information. The module trials got an average of 92%, it was categorized as very good, therefore the module was proper to use.

Keywords: module, hand painting, training

Published
2021-01-21
How to Cite
Azlina, S. (2021). PENGEMBANGAN MODUL PELATIHAN HAND PAINTING UNTUK EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Online Tata Busana, 10(01), 96-103. https://doi.org/10.26740/jotb.v10n01.p96-103
Abstract Views: 205
PDF Downloads: 179