KETERAMPILAN DIGITAL ABAD 21: PERSIAPAN KERJA SISWA TATA BUSANA DI ERA INDUSTRI 5.0

  • Rizky Ramadhina Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK – Keterampilan digital abad 21 merupakan keterampilan yang sangat penting dimiliki oleh lulusan pendidikan vokasi tata busana agar siap bekerja, mampu bersikap professional, dan berdaya saing dalam industri kreatif fashion. era  revolusi industri 5.0 memerlukan “human touch on smart manufacturing machine” merupakan keterampilan yang sangat bermanfaat untuk masa depan siswa tata busana. Pembahasan dalam artikel ini adalah 1) Aspek keterampilan digital abad 21 yang dibutuhkan perusahaan industri kreatif fashion; 2) Teknologi  digital yang digunakan di industri kreatif fashion; dan 3) Mata pelajaran dalam SMK tata busana dapat diterapkan keterampilan digital abad 21 dan dimanfaatkan dalam industri 5.0. Metode yang digunakan adalah metode Systematical Literature Review menggunakan tiga data base dan menghasilkan 10 jurnal terkait. Hasil pembahasan artikel ini membuktikan bahwa pertama, keterampilan  digital abad 21 yang diinginkan industri kreatif fashion antara lain: kreativitas digital; berfikir kritis digital; pemecahan masalah digital; kolaborasi digital; komunikasi digital; informasi digital. Sementara hasil kedua, teknologi digital yang digunakan dalam indutri terdapat lima teknologi yakni: CorelDRAW; Adobe; Lectra; Tucatech; Richpeace. Dan hasil ketiga, mata pelajaran yang disediakan oleh kurikulum 2013 revisi terdapat tujuh pelajaran yakni: desain; pola; busana industri; pembuatan hiasan busana; pembuatan busana custom made; stimulasi digital; produk kreatif dan kewirausahaan. Mata pelajaran tersebut dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk persiapan kerja siswa dalam memasuki industri kreatif fashion di era revolusi industri 5.0 dengan menerapkan keterampilan digital abad 21. 

Kata kunci: keterampilan digital abad 21, siswa tata busana, persiapan kerja, industri 5.0, industri kreatif busana

 

ABSTRACT – 21st-century digital skills are very important skills for fashion graduates to be ready to work, able to work professionally, and competitive in the fashion creative industry. industrial revolution era 5.0 requires a "human touch on intelligent manufacturing machines" is a very useful skill for fashion student’s future. The discussion in this article is 1) Aspects of 21st-century digital skills that creative fashion industry companies need; 2) Digital technology used in the creative fashion industry; and 3) Subjects in fashion design SMK can apply 21st-century skills and be utilized in industry 5.0. The method used is the systematic literature review method using three databases and producing 10 related journals. The results of the discussion of this article prove that: 1) 21st-century digital skills desired by the fashion creative industry include: digital creativity; digital critical thinking; digital issues; digital collaboration; digital communication; digital information. Meanwhile, the second result) The digital technology used in the industry consists of five technologies, namely: CorelDRAW; Adobe; Lectra; Tucatech; Richpeace. And the result 3) There are seven subjects provided by the 2013 revised curriculum. pattern; industrial fashion; fashion decoration making; custom made clothing; digital stimulation; creative and entrepreneurial products. These subjects can be utilized and used for student work preparation in entering the creative fashion industry in the 5.0 industrial revolution era by applying 21st-century digital skills. 

Keyword: 21st-century digital, fashion students, work readiness, industry 5.0, the creative fashion industry

Published
2021-01-29
How to Cite
Ramadhina, R. (2021). KETERAMPILAN DIGITAL ABAD 21: PERSIAPAN KERJA SISWA TATA BUSANA DI ERA INDUSTRI 5.0. Jurnal Online Tata Busana, 10(01), 149-162. https://doi.org/10.26740/jotb.v10n01.p149-162
Abstract Views: 1137
PDF Downloads: 1323