PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN POLA DASAR ROK ANAK SECARA DIGITAL DENGAN SISTEM GRADING DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS XI BUSANA-I SMK NEGERI 3 PROBOLINGGO

  • Takchiria Devina Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Mein Kharnolis

Abstract

Abstrak: Dalam pembelajaran secara daring di masa pandemi penentuan media pembelajaran yang tepat sangat menentukan keberhasilan hasil belajar siswa. Video tutorial memiliki sifat interaktif dalam membimbing siswa untuk memahami materi pembelajaran melalui visualisai yang telah dipersiapkan, sehingga sangat cocok diterapkan sebagai media pembelajaran bidang keahlian secara daring. Penelitian ini bertujuan: 1. untuk mengetahui kevalidan video tutorial pembuatan pola dasar rok anak secara digital dengan sistem grading dari pakar media dan materi, 2. pengaruh video tutorial terhadap hasil belajar siswa, 3. respon siswa terhadap video tutorial sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuisioner dan tes. Responden sebanyak 28 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan paired sample t-test. Hasil penelitian menyatakan: 1. tingkat validitas video tutorial dikategorikan valid; 2. Tidak ada pengaruh penggunaan video tutorial terhadap hasil belajar siswa; 3. respon siswa terhadap video tutorial dapat dikategorikan baik (79,3%).

 

Kata Kunci:  Media pembelajaran, Video tutorial, Kevalidan, Keefektivan, Kepraktisan, paired sample t-test

 

 

Abstract: In online learning during a pandemic, determining the right learning media greatly determines the success of student learning outcomes. Video tutorials have an interactive nature in guiding students to understand learning media through the visualization that has been prepared, so they are very suitable to be applied as a medium for learning areas of expertise online. The purpose of this study: 1.was to determine the validity of media and theory experts, 2. the effectiveness of video tutorials as a learning media, 3. student responses of video tutorials for learning media. This study uses a type of development research with the ADDIE model. The data collection method used was a questionnaire method and a test. Respondents are 28. The data analysis method used was descriptive and paired sample t-test. The results of the analysis include: 1. the validity of the video tutorial data is categorized as valid; 2. The data on the effectiveness of learning media based on the output of SPSS shows that there is an effect of using video tutorials on student learning outcomes; 3. Student response data obtained an average percentage of 79.3% can be categorized as good.

Published
2021-06-19