Peran Explicit Instruction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di Program Keahlian Tata Busana

  • Ranny Octaviana Universitas Negeri Surabaya
  • Dra.Yulistiana M.PSDM

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya metode pembelajaran yang dapat memudahkan guru untuk memaksimalkan daya aktif dan memaksimalkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Explicit Instruction dalam mata pelajaran produktif di SMK Program Studi Tata Busana, mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran produktif di SMK Program Studi Tata Busana. Artikel ini merupakan artikel studi literatur yang menelaah karya tertulis, 6 jurnal maupun sumber lainnya yang telah dipublikasikan. Metode deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menjelaskan, menganalisis, dan meringkas situasi, kondisi, dari data yang dikumpulkan. Berdasarkan beberapa penelitian metode pembelajaran Explicit Instruction terhadap mata pelajaran produktif menyatakan metode pembelajaran tersebut dapat memaksimalkan hasil belajar siswa yang dibuktikan oleh salah satu jurnal yang menjadi sumber penelitian yaitu menurut Sidabutar (2014) sebelum menggunakan rata-rata nilai 59,82, setelah dilakukan penelitian diperoleh nilai pretest 83,35. Pada penerapan metode pembelajaran Explicit Instruction terhadap mata pelajaran produktif di SMK Program Studi Tata busana terdapat faktor yang mendukung yaitu siswa sangat antusias dengan pembelajaran, guru dapat menguasai siswa. Sedangkan faktor yang menghambat berjalannya penerapan metode tersebut yaitu guru harus memiliki suatu yang baru agar siswa tidak merasa bosan, dan guru harus mengusai materi. Dengan hasil penelitian yang membuktikan bahwa metode pembelajaran Explicit Instruction dapat memaksimalkan hasil belajar siswa pada beberapa mata pelajaran produktif peneliti menyarankan untuk menggunakan metode pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran produktif di SMK Program Studi Tata Busana.

Published
2021-06-22