MODUL PEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA KONSTRUKSI KOMPETENSI MEMBUAT MACAM-MACAM POLA ROK SESUAI DESAIN

  • Maya Laurent Nainggolan Lumban Raja UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Marniati Marniati

Abstract

ABSTRAK— Mata pelajaran pembuatan pola konstruksi dengan kompetensi membuat macam-macam pola rok sesuai desain merupakan mata pelajaran produktif yang menuntut siswa menguasai dan mengembangkan keterampilan serta pengetahuan. Permasalahan yang dialami oleh siswa yakni tidak dapat memahami materi dengan baik,  sehingga siswa mendapatkan nilai dibawah batas nilai rata rata Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Materi pembelajaran dapat disampaikan dengan baik apabila pendidik dapat menggunakan dan menerapkan  media pembelajaran dengan baik dan tepat. Media pembelajaran yang baik dapat membantu siswa dalam menguasai dan mengembangkan keterampilan serta pengetahuan. Media yang dapat digunakan yaitu media modul pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui langkah – langkah pembuatan modul pembelajaran pembuatan pola konstruksi, kompetensi membuat macam-macam pola rok sesuai desain, 2.  Mengetahui penggunaan modul pembelajaran pada  pembuatan pola konstruksi kompetensi membuat macam-macam pola rok sesuai desain. Hasil studi literatur menjelaskan bahwa 1. langkah – langkah dalam pembuatan modul pembelajaran pembuatan pola konstruksi kompetensi membuat macam-macam pola rok sesuai desain antara lain : pertama pendahuluan, kedua bagian inti/utama, dan ketiga penutup yaitu kesimpulan. 2. Modul dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran pada pembuatan pola konstruksi kompetensi membuat macam-macam pola rok sesuai desain berdasarkan kelebihan dan manfaat bagi peserta didik maupun pendidik.

 

Kata Kunci: kompetensi, modul pembelajaran, pola konstruksi, pola rok

Published
2021-07-12
How to Cite
Nainggolan Lumban Raja, M., & Marniati, M. (2021). MODUL PEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA KONSTRUKSI KOMPETENSI MEMBUAT MACAM-MACAM POLA ROK SESUAI DESAIN. Jurnal Online Tata Busana, 10(02), 132-141. https://doi.org/10.26740/jotb.v10n02.p132-141
Abstract Views: 668
PDF Downloads: 445