PENERAPAN PROGRAM RICHPEACE DIGITAL GRADING SYSTEM (RP - DGS) PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI KELAS XII TATA BUSANA 3 SMK NEGERI 2 JOMBANG

  • Annisa Kusumawardhani Deny Arifiana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK - Tujuan dari riset yang dilakukan antara lain untuk (1)mendeskripsikan hasil belajar pembuatan pola rok menggunakan program Richpeace Digital Grading System (RP-DGS) dan (2)mendeskripsikan respon siswa terhadap hasil pembuatan pola rok menggunakan program RP-DGS. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan (1)metode tes lks kinerja membuat pola rok secara digital, dan (2)angket respon terhadap hasil pembuatan pola rok menggunakan program RP-DGS. Penelitian dilakukan pada bulan oktober 2020, bertempat di SMK Negeri 2 Jombang, tepatnya pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Populasi sekaligus sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII tata busana 3 sebanyak 32 siswa penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 90,7% berada di atas kriteria ketuntasan yang berlaku yaitu 70 pada kompetensi pembuatan pola rok secara manual dan digital dan (2) respon siswa terhadap penerapan program RP-DGS pada pembuatan pola rok sebesar 95,2% dengan kriteria respon sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan penerapan program Richpeace Digital Grading System (RP-DGS) pada mata pelajaran pembuatan busana industri kelas xii tata busana 3 SMK Negeri 2 Jombang dikatakan berhasil.

Published
2021-09-26
How to Cite
Deny Arifiana, A. K. (2021). PENERAPAN PROGRAM RICHPEACE DIGITAL GRADING SYSTEM (RP - DGS) PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI KELAS XII TATA BUSANA 3 SMK NEGERI 2 JOMBANG. Jurnal Online Tata Busana, 10(3), 1-8. https://doi.org/10.26740/jotb.v10n3.p1-8
Abstract Views: 353
PDF Downloads: 569