Persepsi Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang Terhadap Perkembangan Busana (Fast Fashion dan Sustainable Fashion)

  • Tsania Cantika Fadillah Universitas Negeri Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa mahasiswa program studi S1 Pendidkan Tata Busana Universitas Negeri Malang angaktan 2017 dan 2018 terhadap perkembangan busana (fast fashion dan sustainable fashion). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner atau angket dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dekriptif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang angkatan 2017 dan 2018. Data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan rumus yang sesuai dengan jenis pendekatan. Selanjutnya menggunakan skala interval data yang sudah ada diklasifikasikan sesuai dengan kelas interval. Berdasarkan hasil analisis: (1) persepsi mahasiswa terhadap perkembangan busana diklasifikasikan baik, (2) persepsi mahasiswa terhadap fast fashion diklasifikasikan sangat baik, dan (3) persepsi mahasiswa terhadap perkembangan sustainable fashion  diklasifikasikan baik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mengetahui perkembangan busana yang berubah secara cepat dan mengikuti tren busan yang sedang terjadi saat ini. Mahasiswa juga setuju bahwa konsep fast fashion merupakan konsep busana yang memberikan dampak negatif bagi sumber daya alam dan juga sumber daya manusia. Sebagai salah satu pegiat busana, mahasiswa sudah mulai menerapkan konsep sustainable fashion sebagai salah satu dukungan mengurangi jumlah limbah produksi busana.

Published
2021-11-18
How to Cite
Fadillah, T. (2021). Persepsi Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang Terhadap Perkembangan Busana (Fast Fashion dan Sustainable Fashion). Jurnal Online Tata Busana, 10(3), 87-91. https://doi.org/10.26740/jotb.v10n3.p87-91
Abstract Views: 787
PDF Downloads: 533