STUDI TENTAG MINAT BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI PRODI S1 TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA SEMESTER GANJIL 2020/2021

  • Nuril Ramadhanti Universitas Negeri Surabaya
  • Lutfiyah Hidayati

Abstract

Kebijakan pembelajaran daring terkait wabah covid-19 menuntut mahasiswa dan dosen sigap dalam menggunakan teknologi komunikasi dan informasi. Perubahan skema pembelajaran luring menuju daring tentunya turut mempengaruhi terhadap minat belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) Faktor-faktor yang mempengaruhi perkuliahan daring di Prodi S1 Pendidikan Tata Busana Unesa dan 2) Pengaruh pembelajaran daring dengan minat belajar mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei dan alat bantu kuisioner berbentuk google form. Jumlah responden sebanyak 132 mahasiswa di ambil secara stratified random sampling meliputi angakatan 2017-2020 dengan taraf kesalahan 10%. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif  berupa identifikasi kendala yang dihadapi selama perkuliahan dan analisis terhadap rata-rata hasil pengisian kuisioner responden. Hasil penelitian menyatakan bahwa : 1) terdapat 4 kendala utama dalam pembelajaran online menurut mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Unesa yaitu, a) keterbatasan jaringan berupa akses internet khususnya mahasiswa yang tinggal di kota kecil atau pelosok, b) keterbatasan perangkat keras (hardware) mahasiswa yang kurang mendukung, c) keterbatasan mahasiswa mengakses materi ajar, d) jam perkuliahan yang tidak stabil sehingga kegiatan lain terhambat. 2) Terdapat pengaruh antara sistem daring (online) dengan minat belajar mahasiswa. Pengaruh ini muncul akibat banyaknya kendala yang ada selama pembelajaran daring berlangsung.

 

Kata Kunci: pembelajaran daring, mahasiswa, covid-19

Published
2022-02-25
How to Cite
Ramadhanti, N., & Hidayati, L. (2022). STUDI TENTAG MINAT BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI PRODI S1 TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA SEMESTER GANJIL 2020/2021. Jurnal Online Tata Busana, 11(01), 52-59. https://doi.org/10.26740/jotb.v11n01.p52-59
Abstract Views: 145
PDF Downloads: 98