PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DASAR DESAIN DENGAN KONSEP KOLASE DI SMK NEGERI 2 PONOROGO

  • Diajeng Tiara Zeyna Universitas Negeri Surabaya
  • Suhartiningsih Suhartiningsih

Abstract

E-modul merupakan suatu m-pembelajaran atau bahan ajar yang disajikan dalam bentuk modul elektronik yang berisi panduan pembelajaran sederhana yang singkat dan mudah untuk diikuti peserta didik dalam mempelajari suatu topik belajar sehingga dapat menguasai materi. Tujuan pada penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan proses pembuatan media E-modul dasar desain dengan konsep kolase sebagai m-pembelajaran di SMKN 2 Ponorogo (2) Mendeskripsikan tingkat kelayakan media E-modul dasar desain dengan konsep kolase sebagai m-pembelajaran di SMKN 2 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Metode pengumpulan data menggunakan konten angket di google form berupa data validasi ahli dan, respon pendidik. Untuk mengetahui kelayakan media, validator harus menilai beberapa aspek diantaranya adalah kelayakan isi, kebahasaan, tampilan visual, aspek gambar, kemudahan, dan kemanfaatan. Hasil penilaian dari validator ahli yang terdiri dari ahli media dan pendidik. Rata-rata penilaian validator ahli yaitu dengan persentase kelayakan sebesar 90,84%. Sehingga penilaian yang dicapai dari para validator ahli mendapatkan rata-rata skor “Sangat Layak”. Penilaian dari respon peserta didik yaitu menyatakan bahwa memenuhi kriteria sangat layak dengan rata-rata persentase sebesar 87,14%. Simpulan pada penelitian ini menyatakan bahwa media E-modul Dasar Desain dengan konsep kolase dinyatakan “layak” digunakan sebagai m-pembelajaran saat Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kata kunci : e-modul, kolase, media-pembelajaran.

Published
2022-10-11
How to Cite
Zeyna, D., & Suhartiningsih, S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DASAR DESAIN DENGAN KONSEP KOLASE DI SMK NEGERI 2 PONOROGO. Jurnal Online Tata Busana, 11(2), 137-144. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/article/view/49406
Abstract Views: 258
PDF Downloads: 191