PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA

  • Anita Dwi Yuliati Universitas Negeri Surabaya
  • Yulistiana Yulistiana

Abstract

Adanya pandemi COVID-19 yang telah diumumkan oleh WHO berdampak pada dunia Pendidikan. Hal ini dikarenakan pemerintah menghimbau lembaga Pendidikan untuk meniadakan pembelajaran secara tatap muka atau luring untuk memutus penularan COVID-19, serta menganjurkan diberlakukannya pembelajaran secara daring atau online. Perubahan ini berimbas pada proses pembelajaran, dimana sebelumnya guru dan siswa terbiasa melakukan pembelajaran tatap muka dan seketika berubah menjadi daring sehingga memerlukan adaptasi bagi guru dan siswa. Adaptasi ini akan berpengaruh pada efektivitas pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui perbedaan hasil pembelajaran daring dan luring pada mata pelajaran Desain Busana, 2) Mengetahui efektifitas media pembelajaran daring dan luring pada mata pelajaran Desain Busana. Penelitian ini menggunakan metode Literature Review dengan mengkaji penelitian yang sesuai. Ditemukan 5 atikel pembelajaran daring dan 5 artikel pembelajaran luring. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pembelajaran luring mendapatkan 87,25% dengan klasifikasi sangat baik dan pembelajaran daring mendapatkan hasil 83,33% dengan klasifikasi sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran luring memberikan hasil belajar yang lebih baik dibanding pembelajaran daring pada mata pelajaran Desain Busana, 2) Media pembelajaran luring  mendapatkan hasil 82,73%  dengan klasifikasi sangat baik dan media pembelajaran daring mendapatkan hasil 81,85% dengan klasifikasi sangat baik, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran luring lebih baik dibandingkan media pembelajaran daring

Published
2023-01-09
How to Cite
Yuliati, A., & Yulistiana, Y. (2023). PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA. Jurnal Online Tata Busana, 12(01), 48-57. https://doi.org/10.26740/jotb.v12n01.p48-57
Abstract Views: 239
PDF Downloads: 197