PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA DASAR ROK SESUAI DESAIN DI KELAS X TATA BUSANA 1 SMK NEGERI 2 JOMBANG
Abstract
Video sebagai media pembelajaran memiliki peran penting dalam mengurangi abstraksi dan memberi kemudahan bagi siswa untuk memahami materi pembelajaran. Hal tersebut sesuai dengan kebutuhan dimana siswa sulit memahami materi pembuatan pola dan media yang tersedia kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan media video pembelajaran pembuatan pola dasar rok sesuai desain dan 2) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menggunakan video pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian dan pengembangan dengan pendekatan ADDIE model yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas X Tata Busana 1 SMK Negeri 2 Jombang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah lembar validasi untuk mengukur kelayakan video serta lembar tes pengetahuan dan penilaian produk untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data deskriptif digunakan untuk mengolah dan menganalisis hasil validasi kelayakan video dan lembar penilaian siswa. Penelitian pengembangan yang sudah dilaksanakan memperoleh hasil sebagai berikut: 1) kelayakan video pembelajaran berdasarkan validasi oleh 2 ahli materi mendapatkan rata-rata 3,95, validasi oleh 2 ahli media mendapatkan rata-rata 3,43, dengan rata-rata total sebesar 3,69 dan dinyatakan layak untuk digunakan, 2) hasil belajar 34 siswa setelah menggunakan video pembuatan pola dasar rok sesuai desain menunjukkan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 97% siswa tuntas dari standar KKM yang berlaku di sekolah.
Kata Kunci: pengembangan, pola rok, video
PDF Downloads: 131