HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN SOCIAL ENVIRONMENT TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU BAGI MAHASISWA S1 PENDIDIKAN TATA BUSANA

Authors

  • Rizka Rahmi Perwitasari Universitas Negeri malang
  • Esin Sintawati State University of Malang
  • Agus Hery Supadmi Irianti State University of Malang https://orcid.org/0000-0001-6098-9074
  • Nurul Aini State University of Malang

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan (X1) Self-efficacy (keyakinan diri) dan (X2) Social Environment (lingkungan sosial) terhadap (Y) kesiapan menjadi guru bagi mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana (S1 PTBN) Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ex post facto antara variabel bebas dan terikat. Penelitian ini melibatkan populasi sebanyak 199 mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana mulai dari angkatan 2018 sampai 2021. Kuesioner yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas digunakan dalam metode pengumpulan data. Variabel X1, X2, dan Y memiliki tingkat ketergantungan masing-masing sebesar 0,866, 0,836, dan 0,843. Program SPSS digunakan untuk uji analisis pendahuluan serta uji hipotesis secara parsial dan simultan (model analisis regresi berganda). Pedoman tingkat kesalahan 5% digunakan saat mengambil keputusan. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan sebesar 0,291 antara self-efficacy dengan kesiapan menjadi guru kekuatan rendah, social environment dengan kesiapan menjadi guru sebesar 0,516 kekuatan sedang, serta hubungan self-efficacy dan social environment dengan kesiapan menjadi guru kekuatan sangat kuat dengan syarat Fsig< Fstandar (0,000< 0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-04

How to Cite

Perwitasari, R. R., Sintawati, E., Irianti, A. H. S., & Aini, N. (2025). HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN SOCIAL ENVIRONMENT TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU BAGI MAHASISWA S1 PENDIDIKAN TATA BUSANA. Jurnal Online Tata Busana, 12(3), 21–26. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/article/view/65598
Abstract views: 42 , PDF Downloads: 56