Pengaruh Tawas dan Soda Abu Terhadap Hasil Pewarnaan Pada Biji Buah Melon Dengan Zat Warna Rhodamine B Sebagai Bahan Kerajinan Bando

  • KHUSNIYAH

Abstract

 

Abstrak

 

Tawas adalah garam rangkap sulfat aluminium sulfat,yang dipakai untuk menjernihkan air atau campuran bahan celup. Tawas memiliki ciri kristal putih gelap, tembus cahaya, bersifat menguatkan warna. Sedangkan soda abu adalah suatu zat padat ringan yang agak larut di dalam air dan biasanya mengandung  99,3 %  Na2CO3. Kedua zat tersebut digunakan sebagai mordan dalam penggunaan zat warna Rhodamine B yang merupakan  zat warna yang tidak mempunyai afinitas terhadap serat selulose, akan tetapi dengan penggunaan mordan,  Rhodamine B dapat zat warna dapat diserap dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh jumlah tawas dan soda abu terhadap hasil pewarnaan pada biji buah melon dengan menggunakan zat warna Rhodamine B. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah jenis mordan yaitu  tawas dan soda abu, dan jumlah mordan  yaitu 0 gram,5 gram dan 10 gram. Variabel terikatnya adalah hasil pewarnaan. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, yang diolah dengan metode analisis statistik anava ganda dengan bantuan SPSS 16 dengan taraf signifikan 0,05. Hasil analisis data menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan untuk perbedaan jumlah tawas dan soda abu dari aspek kerataan warna pada P=0,001 nilai mean tertinggi 3.4 dengan perbandingan tawas dan soda abu 10:0. Selain itu, ada pengaruh yang signifikan untuk perbedaan jumlah tawas dan soda abu dari aspek ketajaman warna dengan nilai P=0,011 mean tertinggi 3.36 dengan perbandingan tawas dan soda abu 10:5. Sedangkan untuk daya tahan luntur juga terdapat pengaruh yang signifikan untuk  dengan nilai P=0,029 mean tertinggi 3.36 dengan perbandingan tawas dan soda abu 10:5.

 

Kata Kunci: pewarnaan, tawas, soda abu, biji melon, rhodamine b.

 

 

Abstract

 

Alums are double sulfate salts of aluminum sulfate used to clarify water or dye mixture. Alums has properties dark white crystal, transparent, strengthen color. Baking soda is mild solid that slightly soluble in the water and often containing 99.3% Na2CO3. Both matter mentioned used as mordant in using of  rhodamine B which is a pigment that has no affinity toward cellulose fiber, but by using mordant, rhodamine B will be absorbed well. The purpose of this research was to know the influence of alum quantity and baking soda toward result of coloration on melon seed using Rhodamine B pigment.

Type of this research was experimental research. The independent variables in this research were of mordant, that were alum and baking soda, and quantity that were 0 gram, 5grams, and 10grams. It dependents variable was result of coloration. Data collecting technique used was observation, analyzed with two way anava statistic using SPSS 16 program with significance 0.05. Data analysis result stated that there was significant influence of difference alum and baking soda from aspect of color evenness with P=0.001, highest mean was 3.4 with proportion alum and baking soda 10:0. Beside that, there was significant influence of difference alum and baking soda from aspect of color sharpness with P=0.011, highest mean was 3.36 with proportion alum and baking soda 10:5. While for fade resistance there was significant influence for P=0.029, highest mean was 3.36 with proportion alum and baking soda 10:5.

 

Keywords: coloration, alum, baking soda, melon seed,rhodamine b 


 

Published
2014-01-24
How to Cite
KHUSNIYAH,. (2014). Pengaruh Tawas dan Soda Abu Terhadap Hasil Pewarnaan Pada Biji Buah Melon Dengan Zat Warna Rhodamine B Sebagai Bahan Kerajinan Bando. Jurnal Online Tata Busana, 3(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v3n1.p%p
Abstract Views: 1182
PDF Downloads: 394