Penerapan Media Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Membuat Pola Busana Rumah di SMKN 3 Kediri

  • YULI FAIQOH HIMMAH

Abstract

 

Abstrak

 

Berdasarkan hasil survey di SMKN 3 Kediri, proses pembelajaran membuat pola busana dengan memanfaatkan papan tulis dan kapur tulis dapat menjadikan siswa bosan, jenuh dan terkantuk karena monoton dan tidak terdapat inovasi, sehingga berdampak pada nilai siswa yang masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan  klasikal kelas X Busana Butik sebesar 75% yang masih dibawah ketentuan sekolahyakni 80%. Tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, pemahaman siswa yang diperoleh dari pemberian tes tulis dan keterampilan siswa yang diperoleh dari pemberian tes kinerja, serta respons siswa pada  pembelajaran membuat pola busana rumah.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa, lembar tes dan angket respons siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) skor rata-ratanya meningkat 0.3, dari siklus I (2.7) ke siklus II (3). Aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran skor rata-ratanya meningkat 0.25, dari siklus I (2.75) ke siklus II (3). Aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat, pada siklus I terdapat 2 aspek pengamatan aktivitas siswa yang persentasenya 86% dan siklus II semua aspek pengamatan persentasenya 100%. Hasil tes tulis siswa pada siklus I dan siklus II menunjukkan rata-rata kelas yang sama yaitu sebesar 90,  sedangkan hasil tes kinerja siswa rata-rata kelas meningkat, dari siklus I (83) ke siklus II (90). Ketuntasan klasikal tes tulis persentasenya meningkat,  dari siklus I (90%) ke siklus II (100%), dan ketuntasan klasikal tes kinerja persentasenya meningkat, dari siklus I (93%) ke siklus II (100%). Respons siswa dalam pembelajaran membuat pola busana rumah dengan media sangat baik karena persentase yang menjawab positif antara 81-100%.

 

Kata kunci: PTK (Penelitian Tindakan Kelas).

 

Abstract

 

Based on survey in SMKN 3 Kediri, in teaching process to make pattern was done by using blackboard and chalk would be students bored and sleeped because monoton and no innovation, so, it was impact for student’s score low. It was shows that total classically on X grade of fashion design 75% and lower than criterion from school is 80%. The purpose of this research was to determine teacher’s activity, students’s activity, student’s comprehension from results writing test and student’s skill from working test, and responses of students about day wear pattern learning.

Research types was Classroom Action Research with 2 siclus, siclus consists of planning, acting, observing, and reflecting. Techniques of data collection was done by using observation, test, and questionnaire. The instrument used in this research was observe-sheets teacher’s activity, observe-sheets students’s activity, test-sheets and questionnaire-sheets of responses students.

The result of this research shows that teachers activity in teaching process mean score increased 0.3, from siclus I (2.7) to siclus II (3). Teacher’s activity in organized teaching process siclus I ( 2.75 and siclus II mean score is 3. Teacher’s activity in teaching process mean score increased 0.25, from siclus I ( 2.75)  to siclus II ( 3). Sudent’s activity in learning increased, siclus I, there were 2 aspecs for observing students’s activity that percentase 86% and siclus II all of aspec for observing percentase 100%. The result of writing  test on siclus I and siclus II shows that mean score in classes 90,  but the result of working test mean score increased, from siclus I (83) to siclus II (90). Total classically of writing test the percentase increased, from siclus I (90%) to siclus II (100%), and total classically of working test the percentase increased, from siclus I (93%) to siclus II (100%). Responses students about day wear pattern learning with media is excellent because percentase positive answer between 81-100%.

 

Keywords: Classroom Action Research

 

Published
2014-01-30
How to Cite
FAIQOH HIMMAH, Y. (2014). Penerapan Media Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Membuat Pola Busana Rumah di SMKN 3 Kediri. Jurnal Online Tata Busana, 3(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v3n1.p%p
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 122