Pengaruh Perbandingan Fosfor Dan Rubber Terhadap Hasil Jadi Sablon Glow In The Dark Pada Glosse Sleeve Berbahan Lycra

  • LINDA MIFTAKHULIL AFIDA

Abstract

 

Abstrak

Sablon merupakan teknik cetak mencetak dengan menggunakan kain gasa (rachibini,1996). Sablon terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah sablon glow in the dark. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan fosfor dan rubber transparan terhadap hasil jadi sablon glow in the dark.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen, yang memiliki variabel bebas yaitu perbandingan fosfor dan rubbber 1:4, 2:4, 3:4, dan 4:4, variabel terikat yaitu hasil jadi sablon glow in the dark yang meliputi tiga aspek yaitu ketajaman, tekstur, dan kerekatan, variabel kontrol yaitu screen, klise, teknik penyaputan, rakel, warna tinta dasar, warna fosfor, kain yang digunakan dan orang yang membuat sablon. Metode pengumpulan data menggunakan observasi yang dilakukan oleh 30 observer. Analisis data menggunakan anava tunggal.

Hasil analisis anava menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara perbandingan fosfor dan rubber 1:4, 2:3, 3:4 dan 4:4 terhadap hasil jadi sablon glow in the dark yang meliputi aspek ketajaman warna, tekstur, dan kerekatan tinta. Pada aspek ketajaman warna,  perbandingan 1:4 menghasilkan warna yang paling tajam dibandingkan dengan perbandingan 2:4, 3:4, dan 4:4. Pada aspek tekstur, perbandingan 1:4 menghasilkan tekstur yang paling mengkilap dibandingkan dengan perbandingan 2:4, 3:4, dan 4:4. Pada aspek kerekatan tinta, perbandingan 4:4 menghasilkan tinta yang paling merekat dibandingkan dengan perbandingan 2:4, 3:4, dan 4:4.

 

Kata Kunci: glow in the dark, fosfor, rubber, lycra, gloves sleeve.

 

 

Abstract

Screen printing is a printing technique by using screen (gauze) fabric (Rachibini, 1996). Screen printing consists of many kind, one of it is glow in the dark. This research aims to know the effect of phosphor and transparent rubber proportion on the outcome of glow in the dark screen printing.

Type of this research was experimental which has independent variable proportion of phosphor and rubber 1:4, 2:4, 3:4, 4:4, dependent variable was the outcome of glow in the dark screen printing including three aspects, sharpness, texture, and adhesiveness. Control variables were screen, template, coating technique, palette, base color ink, phosphorous color, fabric used and people who performing screen printing. Data collecting method used was observation performed by 30 observers. Data analysis used one way anava.

Result of anava shows that there were significant effect on phosphor and rubber proportion 1:4, 2:3, 3:4, and 4:4 toward the outcome of glow in the dark screen printing including aspects of color sharpness, texture, and ink adhesiveness. At aspect of color sharpness, proportion 1:4 produce the most sharp color than proportion 2:4, 3:4, and 4:4. At aspect of texture, proportion 1:4 produce the most shining texture than proportion 2:4, 3:4, and 4:4. At aspect ink adhesiveness, proportion 4:4 produce the most adhesive ink than proportion 2:4, 3:4, and 4:4.

 

Keywords: glow in the dark, rubber, lycra, gloves sleeve.

 

Published
2014-05-16
How to Cite
MIFTAKHULIL AFIDA, L. (2014). Pengaruh Perbandingan Fosfor Dan Rubber Terhadap Hasil Jadi Sablon Glow In The Dark Pada Glosse Sleeve Berbahan Lycra. Jurnal Online Tata Busana, 3(2). https://doi.org/10.26740/jotb.v3n2.p%p
Abstract Views: 136
PDF Downloads: 75