Pengembangan Media Digital Komik Kaguya Hime(かぐやひめ) Sebagai Pengenalan Serta Peningkatan Literasi Bahasa Jepang

  • Andriant Anugrah Mukti

Abstract

Sastra memiliki beberapa fungsi di dalam masyarakat. diantaranya sebagai media untuk pembelajaran masyarakat. Namun pembelajaran sastra dewasa ini sangat memprihatinkan, khususnya pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA). Hal itu juga menimbulkan kurangnya tingkat literasi siswa. Di SMA Negeri 1 Krembung, siswa belum pernah diajarkan mengenai sastra Jepang. Dengan demikian, media kehadiran media mampu menjadi pendukung untuk memperkenalkan sastra Jepang serta meningkatkan literasi siswa SMA.

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, pada penelitian ini dikembangkan media digital komik Kaguya Hime (かぐやひめ) sebagai pengenalan serta meningkatkan literasi siswa SMA Negeri 1 Krembung dengan tujuan untuk mengetahui proses pengembangan media, kelayakan media dan respon siswa. Hasil dari pengembangan media yang dikembangkan berupa softfile digital komik yang merangkum cerita rakyat Kaguya Hime (かぐやひめ).

Penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan milik Sugiyono (2017:407) dengan subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XII Bahasa dengan jumlah 15 siswa. Hasil akhir dari media ini adalah menghasilkan media digital komik yang layak digunakan untuk pengenalan cerita rakyat Jepang Kaguya Hime (かぐやひめ) dan juga meningkatkan literasi siswa. Hal tersebut berdasarkan perhitungan kelayakan validasi masing-masing sebesar 98% diberikan oleh ahli materi dan 82% diberikan oleh ahli media, serta respon siswa terhadap media digital komik yang sangat baik dengan perolehan sebesar 93%.

Published
2019-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 150
PDF Downloads: 209