PENGEMBANGAN MEDIA NIHONGO NO SHICHOUKAKUKYOUZAI UNTUK PEMBELAJARAN KATA BENDA (MEISHI) BAHASA JEPANG SISWA KELAS X SMKN 1 PRIGEN TAHUN AJARAN 2016-2017

  • LISA KARINA WARDANI

Abstract

ABSTRAK

PENGEMBANGAN MEDIA NIHONGO NO SHICHOUKAKUKYOUZAI UNTUK PEMBELAJARAN KATA BENDA (MEISHI) BAHASA JEPANG SISWA KELAS X SMKN 1 PRIGEN TAHUN AJARAN 2016-2017

Nama Mahasiswa : Lisa Karina Wardani

NIM : 12020104016

Jurusan / Prodi : Bahasa dan Sastra Jepang /

S1 Pendidikan Bahasa Jepang

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Joko Prasetyo, S.Pd.,M.Pd.

Tahun : 2018

Kata Kunci:

Media Nihongo no Shichoukakukyouzai, Kosakata, Kata Benda Bahasa Jepang

Keterbatasan siswa dalam menghafal kosakata menjadi daya tarik bagi peneliti untuk melakukan pengembangan produk guna membantu siswa dalam menguasai kosakata bahasa Jepang dengan cara yang berbeda dan menarik. Melihat adanya permasalahan keterbatasan siswa dalam menguasai kosakata, peneliti memiliki keinginan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Jepang guna meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas X.

Media yang peneliti buat merupakan pengembangan dari sebuah media berbentuk video yang bernama Waku Waku Suru Japanese yang dibuat oleh Japan Society. Video ini berisikan tutorial kosakata yang diulas dengan bahasa Jepang dan bahasa Inggris. Maka dari itu, peneliti ingin mengembangkan menjadi video bahasa Jepang dan bahasa Indonesia, karena untuk kelas X akan lebih mudah memahami penjelasan dalam bahasa Indonesia. Media ini bernama Nihongo no Shichoukakukyouzai.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian pra-eksperimetal (Pre Eksperimental Design), dengan model pre-test dan post-test group. Tes digunakan untuk mengetahui hasil uji coba dari media Nihongo no Shichoukakukyouzai terhadap hasil belajar siswa. Tes dilakukan dua kali yaitu pre-test yang dilakukan sebelum menggunakan media untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Sedangkan post test dilakukan setelah penggunaan media untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media, dengan subjek penelitian kelas X SMKN 1 Prigen.

Kelayakan media diketahui melalui angket respon siswa serta dari proses validasi dari segi materi dan desain. Media video Nihongo no Shichoukakukyouzai divalidasi oleh empat orang ahli, dua validator ahli media dan dua validator ahli materi dan mendapatkan hasil sebesar 91,45% untuk penilaian media dengan kriteria sangat kuat atau layak, dan 85,83% untuk penilaian kelayakan materi dengan kriteria sangat kuat atau layak pula.

Pengumpulan data respon siswa dilakukan sebanyak 2 kali, yang pertama kepada 10 siswa, yang kedua kepada 28 siswa . Angket penilian siswa dibagikan setelah melihat media video Nihongo no Shichoukakukyouzai sebagai hasil respon siswa terhadap penggunaan media. Hasil respon siswa untuk penggunaan media Nihongo no Shichoukakukyouzai sebagai media pembelajaran kata benda sangat positif, dan mendapatkan persentase respon sebesar 77,32% yang dilakukan pada uji coba pertama dengan 10 siswa dengan kriteria kuat dan perlu adanya sedikit revisi, namun setelah proses revisi dan dilakukan uji coba pemakaian dengan 28 siswa mendapat respon lebih baik yaitu sebesar 83,03% dengan kriteria sangat kuat atau layak.

Hasil penilaian menunjukkan bahwa pengembangan media Nihongo no Shichoukakukyouzai layak digunakan sebagai media pembelajaran kosakata khususnya kata benda Bahasa Jepang siswa kelas X SMKN 1 Prigen karena telah berhasil melalui beberapa tahapan uji coba serta validasi baik desain maupun materi.

要旨

国立プリゲン第1高校2016 / 2017年X 年生が名詞を理解するための「日本語の視聴覚教材」メデイアの使用

名前 : リサ・カリナ・ワーダニ

学生番号 : 12020104016

部門/プログラム : 日本語・日本文学/日本語教育

学部 : 言語芸術学部

機関名 : 国立スラバヤ大学

指導教師 : ジョコ・プラセテイヨ

年度 : 2018年

キーワード:メディア、日本語の視聴覚教材、語彙、名詞、日本語

  学生は日本語の語彙を覚えるとき、限界を感じることがある。そのため研究者はより簡単に日本語を理解することができるような日本語学習媒体を開発したいと願っている。その製品はさまざまな興味深い方法で学習の関心を高め、X年生が日本語の語彙習得に役立つものにしたい。

研究者が開発するメディアは、ビデオを用いたもので、使用するビデオはJapan Society の「Waku Waku Suru Japanese」である。このビデオは、日本語と英語で解説された語彙学習用のビデオである。これを日本語とインドネシア語のビデオに発展させたい。そうするならX年生はより簡単に日本語を理解しやすくなるであろう。メディアの名前は「日本語の視聴覚教材」である。

研究法として質的記述的な方法 、実験前の研究デザイン「Pre Eksperimental Design」、試験前および試験後のグループモデルを使うことにした。テストは、学生の学習成果に関する「日本語の視聴覚教材」メディアの試行の結果を知るために使用される。テストは2回行われた。まず、メディアを使用する前に事前テストを行い、学生の初期能力を判断した。事後テストはメディアを使用した後に行われ、メディアを使用する前と後の違いを調べる。研究対象は国立プリゲン第1高校のX 年生の学生である。

メディアの実現可能性は、生徒の回答アンケートと、材料とデザインの観点から検証プロセスからわかる。「日本語の視聴覚教材」ビデオのメディアは4人の専門家によって検証される。メディアエキスパート2人と材料専門家2人である。非常に強力または実現可能な基準を用いてメディア評価を行うと91.45%の結果が得られる。非常に強力または実現可能な基準を有する材料の実現可能性の評価について85.83%である。

生徒の回答データの収集を2回行った。最初は10人の生徒、2回目は28人の生徒である。生徒評価のアンケートは、メディア使用に対する生徒の反応の結果として「日本語の視聴覚教材」ビデオのメディアを視聴した後に配布された。名詞の学習媒体としての「日本語の視聴覚教材」ビデオのメディアの使用に対する生徒の反応の結果は非常にポジティブである。最初の試験で強い基準を持つ10人の学生で行われた77.32%の応答率を得て、わずかな改訂が必要だが、改訂後に28人の学生による使用試行が非常に強くまたは実行可能な基準で83.03%に相当するより良い回答を得た。

評価結果は、「日本語の視聴覚教材」ビデオのメディア

の発展が語彙学習媒体として効果的であることを示している。特に国立プリゲン第1高校X 年生の日本語名詞の学習に適している。デザインと材料の両方のテストと検証のいくつかの段階で成功したからです。

Published
2019-01-22
Section
Articles
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 193