PENGEMBANGAN MEDIA “TAKURI” TERHADAP PEMBELAJARAN KATA BENDA DAN POLA KALIMAT BAHASA JEPANG BUKU SAKURA JILID I BAB 2-5 KELAS X SMK PGRI 13 SURABAYA

  • CAHYANI ILHAMUL KHAYATI

Abstract

-webkit-text-stroke-width: 0px; ">Abstrak
Banyak peminat bahasa Jepang yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran terkait kata benda
dan pola kalimat bahasa Jepang. Begitu pula permasalahan yang dialami peserta didik SMK PGRI 13 Surabaya
dalam hal kemampuan belajar kata benda dan pola kalimat bahasa Jepang. Permasalahan tersebut diketahui dari
hasil observasi analisis kebutuhan peserta didik yang dilakukan. Hasil dari survei tersebut menyatakan bahwa
peserta didik mengalami kesulitan karena tidak adanya media pendukung dalam pembelajaran. Permasalahan
tersebut dikonfirmasi pada guru pengajar bahasa Jepang yang mengajar kelas X Teknik Komputer Jaringan.
Dari latar belakang masalah tersebut, dikembangkanlah perangkat media pembelajaran “Takuri” terhadap
pembelajaran kata benda dan pola kalimat bahasa Jepang. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana
kelayakan media “Takuri” terhadap pembelajaran kata benda dan pola kalimat bahasa Jepang peserta didik X
TKJ SMK PGRI 13 Surabaya dan bagaimana respon peserta didik terhadap media “Takuri” untuk pembelajaran
kata benda dan pola kalimat bahasa Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan media
“Takuri”, dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap media “Takuri” untuk pembelajaran kata benda
dan pola kalimat bahasa Jepang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis pengembangan atau R&D (research and
Development). Sumber datanya adalah peserta didik kelas X Teknik Komputer Jaringan SMK PGRI 13 Surabaya
dengan jumlah 32 peserta didik dan buku Sakura jilid I. Data yang digunakan adalah hasil validasi media, hasil
validasi materi, hasil rata-rata nilai pre-test dan nilai post-test, serta respon peserta didik. Validasi desain media
dilakukan oleh tiga ahli. Satu validator media, dua validator ahli materi. Untuk hasil validasi media mendapatkan
94,4% dengan kesimpulan kriteria penilaian sangat baik . Kemudian, hasil validasi materi mendapatkan 96,7%
dengan kriteria penilaian sangat baik dan rata-rata hasil belajar 32 peserta didik setelah menggunakan media
“Takuri” sebesar 87,1 dengan kriteria sangat baik pula. Untuk hasil respon peserta didik memperoleh 92,8%
dengan kiteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media “Takuri” terhadap
pembelajaran kata benda dan pola kalimat bahasa Jepang layak digunakan dalam proses belajar bahasa Jepang.
Kata Kunci: Pengembangan, Media “Takuri”, Kata Benda, Pola Kalimat, Respon
Abstract
Japanese language enthusiasts experienced difficulties in the learning process related to Japanese nouns and
sentence patterns. Likewise the problems experienced by SMK PGRI 13 Surabaya students in terms of the ability
to learn nouns and Japanese sentence patterns. These problems are known from the observation’s result of
analyzing the students’ needs that carried out. The result of the survey stated that students experience difficulties
because there is no supporting media in learning. The problem was confirmed by Japanese language teachers
who taught class X Computer Networking Engineering.
From the background of the problem, learning media device, “Takuri” was developed for Japanese nouns
learning and sentence patterns. Statement of the problems in this research are how the feasibility of the media
“Takuri” on the learning of Japanese nouns and sentence patterns of students X TKJ SMK PGRI 13 Surabaya,
and how students respond to the media “Takuri” for learning Japanese nouns and sentence patterns. The
purposes of this study are to describe the feasibility of the media “Takuri” and describe the response of students
to the media "Takuri" for learning nouns and Japanese sentence patterns.
This study used research and development qualitative approach. The data sources are class X students of
Computer Networking Engineering at PGRI 13 Surabaya with 32 students and Sakura book 1 st volume. The data
that used are the result of media validation, the result of material validation, the result of the average pre-test
value and post-test values, and the students’ response. Media design validation was carried out by three experts,
one media validator, and two material expert validators. The result of media validation got 94.4% with the
conclusion that the assessment criteria are very good. Furthermore, the result of material validation got 96.7%
Pengembangan Media “Takuri” Terhadap Pembelajaran Kata Benda dan Pola Kalimat Bahasa Jepang Buku Sakura
Jilid I Bab 2-5 Kelas X SMK PGRI 13 Surabaya
2
with very good assessment criteria with average learning outcomes of 32 students after using the “Takuri” media
of 87.1 with very good criteria. Then, the result of students’ response got 92.8% with very good criteria.
Therefore it could be concluded that the development of “Takuri” media for nouns learning and Japanese
sentence patterns is appropriate to use in the process of learning Japanese.
Keywords: Development, “Takuri” Media, Nouns, Sentence Patterns, Response
Published
2019-01-25
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 69