PENGEMBANGAN MODUL BAHASA JEPANG TEMA PARIWISATA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS XI UPW

  • MARIFATUL JANNAH
  • JOKO PRASETYO

Abstract

Pada proses pembelajaran salah satu komponen penting yang perlu dipenuhi untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran adalah bahan ajar. Bahan ajar merupakan dasar pengetahuan yang harus dikuasai oleh siswa dan disusun berdasarkan kebutuhan siswa. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan bahan ajar siswa kelas XI UPW maka dikembangkan bahan ajar berupa modul bahasa Jepang dengan tema pariwisata. Modul yang dikembangkan disusun berdasarkan metode belajar kontekstual (CTL) dan dikembangkan berdasarkan teori penelitian pengembangan Sugiyono. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan hasil uji coba pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap bahan ajar bahasa Jepang tema pariwisata berbasis CTL untuk siswa kelas XI UPW.

Subyek penelitian ini adalah siswa program siswa kelas UPW SMKN 10 Surabaya dengan kelas XI UPW 2 sebagai kelas uji coba produk dan kelas XI UPW 1 sebagai kelas uji coba pemakaian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil validasi kelayakan modul (materi, bahasa, dan kegrafikan), hasil lembar observasi penggunaan modul pada pembelajaran, dan angket respon siswa.

Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil validasi kelayakan modul dari segi materi sebesar 97% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Kemudian kelayakan dari segi bahasa sebesar 91,43% yang termasuk dalam kategori sangat baik, serta kelayakan dari segi kegrafikan sebesar 93% yang juga termasuk dalam kategori sangat baik.

Hasil observasi juga dapat dikategorikan sangat baik, dengan persentase total skor 96% dari validator pertama dan 84% dari validator kedua. Sehingga dapat dikatakan modul layak digunakan pada proses pembelajaran. Sedangkan untuk hasil respon siswa menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan mendapatkan respon yang positif dari siswa. Hal ini ditunjukkan dengan persentase nilai respon siswa pada setiap aspek berada pada interval 71%-85%. Pada interval tersebut respon positif yang diperoleh termasuk kategori kuat dan sangat kuat.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa modul bahasa Jepang tema pariwisata berbasis CTL layak digunakan dalam pembelajaran dan mendapatkan respon positif dari siswa dan guru.

Published
2019-05-08
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 148