PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TANOSHII ZASSHI (POP-UP BOOK BERSUARA) UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA BAHASA JEPANG TEMA KAZOKU KELAS XI MIPA 2 SMAN 1 KREMBUNG SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • KARIMAH KHOIRUNNISA
  • JOKO PRASETYO

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengembangan media Tanoshii Zasshi (Pop-Up Book bersuara) untuk Pembelajaran Membaca Bahasa Jepang Tema Kazoku Siswa Kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Krembung Sidoarjo Tahun Pelajaran 2018/2019”. Berdasarkan data analisis kebutuhan siswa, siswa masih mengalami kesulitan dalam hal membaca bahasa Jepang. Selain itu, dari hasil angket diketahui bahwa 97% siswa lebih mudah memahami bahasa Jepang menggunakan media gambar.Berdasarkan permasalahan di atas, peneliti mengembangkan media Tanoshii Zasshi (pop-up book bersuara)tema Kazoku untuk mempermudah siswa dalam membaca bahasa Jepang dan mengucapkan pelafalan bahasa Jepang dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan media pembelajaran Tanoshii Zasshi (pop-up book bersuara), serta mendeskripsikan respon siswa terhadap media pembelajaran Tanoshii Zasshi (pop-up book bersuara).

Pengembangan media ini menggunakan metode penelitian Research &Development (R&D) berdasarkan teori penelitian pengembangan Sugiyono (2013:297). Penelitian ini hanya sampai pada tahap kesembilan yaitu revisi produk setelah uji coba pemakaian. Sementara untuk mengetahui kelayakan media dan respon siswa didasarkan pada skala Likert dalam Riduwan (2008:23).

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil wawancara, angket kebutuhan siswa, validasi kelayakan media (materi dan desain) dan hasil angket respon siswa.

Hasil akhir penelitian pengembangan media Tanoshii Zasshi (pop-up book bersuara) adalah sebagai berikut:

1. Dari hasil validasi desain oleh ahli media untuk kelayakan media dinyatakan layak digunakan tanpa revisi dengan nilai persentase 97,5% kriteria kelayakan sangat kuat.

2. Sedangkan Pada hasil validasi materi skor yang diperoleh adalah 94,6% yang berarti sangat kuat. Sementara untuk kelayakan materi dari hasil angket validasi adalah layak digunakan dengan sedikit revisi.

3. Hasil uji coba pemakaian media menunjukkan bahwa media pembelajaran Tanoshii Zasshi (pop-up book bersuara) efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Jepang tema Kazoku. Diktehui bahwa nilai t yakni 7,51 > t(5%,d.f.=29) 2,04, artinya terdapat perbedaan hasil nilai pre-test dan post-test pada tahap uji coba pemakaian media pembelajaran Tanoshii Zasshi (pop-up book bersuara).

4. Dari hasil perhitungan angket respon siswa terhadap pengembangan media Tanoshii Zasshi (Pop-Up Book Bersuara) untuk Pembelajaran Membaca Bahasa Jepang Tema Kazoku diperoleh nilai persentase sebesar 85% dengan kriteria kelayakan sangat kuat.

Dari hasil penilaian validator maupun angket respon siswa, media Tanoshii Zasshi (pop-up book bersuara) dapat dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Jepang tema Kazoku.

Kata Kunci : Tanoshii Zasshi, pop-up book, media pembelajaran, membaca.

Published
2019-05-08
Section
Articles
Abstract Views: 99
PDF Downloads: 166