PENGEMBANGAN MEDIA GAME RPG UNTUK PENGENALAN CERITA RAKYAT MOMOTARO (ももたろう)

  • PRIZA AMY PUTRA

Abstract

Kata Kunci : Pengembangan media, Cerita rakyat Jepang Momotaro, pembelajaran sastra, Game RPG.

Cerita rakyat Jepang Momotaro merupakan cerita rakyat yang sangat terkenal di Jepang yang kini telah mendunia. Cerita rakyat Momotaro merupakan cerita rakyat yang sangat disukai di Jepang karena cerita ini mencerminkan tentang kuatnya tekad, kasih sayang, persahabatan, serta keberanian yang dimiliki oleh masyarakat Jepang.

Pada dewasa ini pembelajaran sastra di Indonesia khususnya pembelajaran sastra Jepang dirasa sangatlah kurang, khususnya untuk siswa SMA di Indonesia. Sastra di Indonesia hanyalah sebuah poin dalam pembelajaran bahasa Indonesia sedangkan dalam pembelajaran bahasa Jepang, sastra kurang begitu dibahas.

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, pada penelitian ini dikembangkan media game RPG untuk pengenalan cerita rakyat Jepang Momotaro (ももたろう), yang diujicobakan pada siswa SMA Negeri 1 Krembung dengan tujuan untuk mengetahui proses pengembangan media, kelayakan media, serta respon siswa terhadap media. Hasil dari pengembangan media yaitu berupa media game RPG yang berisikan cerita rakyat Jepang Momotaro dengan menggunakan 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Jepang sehingga selain dapat mengetahui cerita rakyat Jepang Momotaro, siswa dapat belajar mengenai bahasa Jepang yang telah disematkan di dalam game.

Penelitian pengembangan yang digunakan adalah penelitian pengembangan milik Sugiyono (2013:9) dengan subjek penelitian siswa kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Krembung dengan jumlah 13 siswa. Hasil akhir dari media ini adalah menghasilkan media game RPG yang layak digunakan untuk pengenalan cerita rakyat Jepang Momotaro. Hal tersebut berdasarkan perhitungan kelayakan validasi yang didapat menurut tabel interpretasi skor skala Likert (Riduwan, 2008:87-89) yaitu validator ahli materi sebesar 90.83% dengan kriteria sangat baik dan validator ahli media 75% dengan kriteria skor baik, serta respon siswa terhadap media game RPG Momotaro memperoleh skor 98.16% dengan kriteria sangat baik.

Published
2019-05-27
Section
Articles
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 51