Pengaruh Penggunaan Kamus Elektronik ( E-Dictionary) Tematik Bergambar Pemrograman Visual Basic 6.0 Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang pada siswa kelas X SMK Negeri Prigen Tahun Ajaran 2018/2019

  • ZAKI DHIA LIDIADE FARAH

Abstract

Abstrak Kemampuan berbahasa mengacu pada kemampuan pemilihan penggunaan bahasa dalam berkomunikasi. Agar seseorang dapat berkomunikasi kepada orang lain dengan mudah, maka diperlukan penguasaan kosakata. namun fakta penguasaan kosakata dalam masyarakat, dimana salah satunya adalah siswa SMKN 1 Prigen sangatlah minim. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian menggunakan kamus elektronik (E-Dictionary) Tematik Bergambar Pemrograman Visual Basic 6.0 untuk mengetahui pengaruh dari media ini terhadap penguasaan kosakata Bahasa Jepang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan mengetahui respon siswa terhadap media kamus elektronik (E-Dictionary) Tematik Bergambar Pemrograman Visual Basic 6.0 terhadap penguasaan kosakata Bahasa Jepang pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Prigen. Rumusan masalah mengenai pengaruh penggunaan media kamus elektronik Tematik Bergambar Pemrograman Visual Basic 6.0 menggunakan metode penelitian True Eksperimental Design dimana selain kelas eksperimen, adanya kelompok lain yang tidak dikenal eksperimen dan ikut mendapatkan pengamatan dan Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, Sumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah kamus elektronik Tematik Bergambar Pemrograman Visual Basic 6.0, angket, pre-test dan post-test dan data-datanya merupakan kosakata Bahasa Jepang seperti Kazoku, Shigoto dan Youshi. Hasil penelitian menunjukkan Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil posttest menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 14,29 > t-tabel yaitu 2,06 untuk kelas eksperimen, dan 5,05 > t(0,05 , db) = 2,06 untuk t-signifikansi kelas kontrol sehingga hipotesis penelitian berbunyi “Terdapat pengaruh positif. Kesimpulannya adalah adanya pengaruh dan respon positif dalam penggunaan media kamus elektronik Tematik Bergambar Pemrograman Visual Basic 6.0 terhadap penguasaan kosakata Bahasa Jepang pada kelas Eksperimen dibandingkan dengan kelas Kontrol. Kata Kunci : Pengaruh, Kamus Elektronik Tematik Bergambar Visual Basic 6.0, Respon, Kosakata Abstract Language ability prefer the ability to choose the language to communicated. So that someone can communicating with others easily, it requires mastery of vocabulary, but the fact of mastery vocabulary in the community is very lacking. where one of them is the students of SMKN 1 Prigen Therefore researches conducted research using an electronic dictionary (E-Dictionary) Visual Basic 6.0 Programming Thematic to find out the influence of this media on mastery of Japanese vocabulary in class X of SMKN 1 Prigen. The formulation of the problem regarding the influence of media use in the Visual Basic 6.0 Programming Thematic Electronic Dictionary uses the research method True Experimental Design where in addition to the experimental class, there are other groups that are not known to experiment and get observations and research including quantitative research. The sources used in this study are Picture Thematic Electronic Dictionary Programming Visual Basic 6.0, questionnaire, pre-test and post-test. The data of electronic dictionary (E-Dictionary) Visual Basic 6.0 Programming Thematic is Japanese vocabulary such as Kazoku, shigoto and youshi. The results showed that student learning outcomes data obtained from the post-test result showed difference in learning outcomes of 14,29 > t-table namely 2,06for the experimental class and 5,05 > t(0,05,db) = 2,06 for t-significance of the control class so that the research hypothesis reads “There is a positive influence”. The conclusion is that there is a positive influence and response in use of The Visual Basic 6.0 Programming Thematic Electronic Dictionary Media for mastering Japanese Vocabulary in the Experimental class compared to the Control Class. Keywords : Effect, Visual Basic 6.0 Thematic Electronic Dictionary, Response, Vocabulary
Published
2019-06-20
Section
Articles
Abstract Views: 136
PDF Downloads: 783