Pengembangan Media Film Animasi 2 Dimensi Untuk Memahami Latar Dalam Puisi Jepang Hyakunin Isshu 「百人一首」Musim Gugur Karya Fujiwara no Teika

  • ULIL ABSHOR PUTRA PERDANA

Abstract

ABSTRAK

Dewasa ini pembelajaran bahasa Jepang di sekolah SMA masih belum menerapkan pembelajaran sastra Jepang dalam kurikulumnya. Padahal, sastra juga merupakan wawasan yang penting dalam mempelajari suatu bahasa. Sehingga media pembelajaran sastra yang menarik sangat dibutuhkan untuk menarik minat siswa terhadap sastra Jepang.

Berdasarkan latar belakang di atas, ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana proses pengembangan dari media film animasi 2 dimensi untuk memahami latar dalam Hyakunin Isshu dan, (2) Bagaimana kelayakan dari media film animasi 2 dimensi untuk memahami latar dalam Hyakunin Isshu. Berdasarkan kedua rumusan masalah diatas penelitian berjudul “Pengembangan Media Film Animasi 2 Dimensi Untuk Memahami Latar Dalam Puisi Jepang Hyakunin Isshu Musim Gugur Karya Fujiwara no Teika” ini dilakukan untuk menambah minat dari pebelajar bahasa Jepang dan media pembelajaran untuk pembelajar bahasa Jepang.

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 19 Surabaya dengan kelas bahasa Jepang yang banyak dan fasilitas kelas X IPS 3 yang terlihat memadai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Dalam tahap penelitian dilakukan beberapa tahapan sebelum memasuki tahap pengembangan, yaitu mengetahui potensi dan masalah dan pengumpulan data dengan melakukan penyebaran angket pra-penelitian di kelas X IPS 3 dan wawancara tidak terstruktur dengan guru bahasa Jepang di SMA Negeri 19 Surabaya. Data yang digunakan untuk materi media dikumpulkan dari puisi-puisi musim gugur Hyakunin Isshu yang dianalisis untuk mengetahui latar tempat, waktu dan sosial-budaya sebagai data yang akan digunakan dalam media film animasi 2 dimensi, setelah data terkumpul maka dilakukan tahap pengembangan yakni, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk di kelas X IPS 3, SMA Negeri 19 Surabaya dengan menyebarkan angket respon siswa, dan revisi produk sebagai tahap terakhir pengembangan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, media film animasi 2 dimensi layak digunakan untuk memahami latar dalam puisi Jepang Hyakunin Isshu musim gugur karena pada proses pengembangannya mendapatkan hasil sebesar 86,4% dari angket respon siswa dan 70% dari ahli media serta 95% dari ahli materi menunjukkan interpretasi skor skala Likert yang sangat kuat.

Setelah penelitian ini dilakukan, adapun saran yang diberikan dalam melakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran sastra Jepang selanjutnya adalah memperhatikan fasilitas di tempat penelitian, dalam hal ini kelas. Selain itu memperhatikan dengan teliti analisis sastra yang dilakukan agar tidak memberikan pemahaman yang salah terhadap karya sastra yang digunakan.

Kata Kunci : pengembangan, media film animasi, latar hyakunin isshu

ABSTRACT

At present, Japanese learning in high school still does not apply Japanese literature in its curriculum. In fact, literature is also an important insight in learning a language. Based on that fact, interesting literary learning media is needed to attract students interest in Japanese literature.

Based on the background of the research above, there are two problem statements, namely: (1) How the development process of the 2-dimensional animation film media to understand the background settings in Hyakunin Isshu and, (2) How the feasibility of 2-dimensional animated film media to understand the background settings of Hyakunin Isshu. Based on the two problem statements above, this research entitled "Media Development of 2 Dimensional Animated Films for Understanding the Background Settings in Japanese Poetry Autumn’s Hyakunin Isshu by Fujiwara no Teika" was done to increase interest from Japanese language learners and to produce an interactive learning media for Japanese learners.

This research was carried out in Surabaya State High School 19 because of it’s many Japanese language classes and X IPS 3 have adequate class facilities. The research method used in this research is the method of research and development. In the research phase several stages were carried out before entering the development stage, namely knowing the potential and problems and collecting data by conducting pre-research questionnaires in class X IPS 3 and unstructured interviews with Japanese language teachers in 19th Surabaya State High School. The data used for media material were collected from the autumn poems of Hyakunin Isshu which were analyzed to find out the place, time and socio-cultural background to be used in 2-dimensional animated film media, after the data was collected, product design, design validation, design revision, test the product in product trial at class X IPS 3 by distributing student response questionnaires, and for the last stage of development is product revisions.

Based on the results of the research conducted, the 2-dimensional animation film media is feasible to understand the background settings in the Japanese poetry of Autumn’s Hyakunin Isshu because in the development process, this media received 86.4% of the student questionnaire responses and 70% of media experts and 95% of material experts shows a very strong interpretation score of the Likert scale score.

After conducting this research, there are several advices given in for the next conducted research and development of learning media for Japanese literature is to pay attention to the facilities at the research site, in this case the class that will be used in your research. Secondly, paying close attention to the literary analysis in order to not give a wrong understanding of the meaning of the literary works that used in your research.

Keywords: Media development, Animation film media, Hyakunin Isshu’s background settings.


Published
2019-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 100
PDF Downloads: 98