PENGARUH METODE KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA SUGOROKU TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN POLA KALIMAT BAHASA JEPANG KELAS X MIA 3 SMA MUHAMADIYAH 10 GKB GRESIK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • RIZA NADYA PRASTANTI

Abstract

Salah satu kemampuan dasar penentu tersampaikannya pesan atau gagasan agar dapat dipahami arti dan maknanya oleh pembelajar bahasa asing adalah penguasaan pola kalimat. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat perlu dilakukan dalam menciptakan pembelajaran yang aktif dan sesuai dengan tujuan. Media Sugoroku adalah media permainan yang dikembangkan menjadi media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap pola kalimat bahasa Jepang. Penelitian ini menguji cobakan media Sugoroku sebagai media pendukung dalam pembelajaran dengan metode kooperatif tipe STAD pada pembelajaran pola kalimat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode kooperatif tipe STAD dengan media Sugoroku terhadap kemampuan penguasaan pola kalimat bahasa Jepang kelas X MIA 3 SMA Muhamadiyah 10 GKB Gresik tahun pelajaran 2018/2019.
Media Sugoroku telah di uji cobakan dengan menggunakan rancangan penelitian pre-eksperimen yaitu rancangan the one shot case study untuk kemudian digunakan dalam penelitian dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest Design. Pendekatan dipilih karena penelitian hanya menggunakan satu subjek penelitian.Penelitian dilakukan di SMA Muhamadiyah 10 GKB Gresik dengan populasi siswa kelas X MIA SMA Muhamadiyah 10 GKB Gresik. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel dan didapatkan kelas X MIA 3 sebagai sampel penelitian. Pada kelas eksperimen diterapkan metode kooperatif tipe STAD dengan media Sugoroku dalam pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa :
i) Hasil t-testkelas eksperimen menunjukkan nilai signifikansi sebesar t (kelas eksperimen) = 9,58> t(tabel) =2,82, dinyatakan bahwa ada perbedaan signifikan antara M pre dan M post pada kelas eksperimen yang menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas eksperimen efektif.
ii) Penggunaan Media Sugoroku berpengaruh positif terhadap : antusiasme dan keaktifan serta keberanian siswa dalam berpendapat, mudah dimainkan sebagai renshuu dalam proses pembelajaran pola kalimat, menciptakan suasana belajar yang aktif dan membantu siswa untuk lebih mudah memahami pola kalimat bahasa Jepang dan meningkatkan kemampuan penguasaan pola kalimat bahasa Jepang.
Kata Kunci :Sugoroku, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Pola Kalimat Bahasa Jepang
Published
2019-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 88