Pelatihan Penerapan Permainan Kecil Untuk Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Pjok Di Mgmp Pjok Sma Kabupaten Mojokerto

  • Sasminta Christina Yuli Hartati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perkembangan teknologi menyebabkan perubahan pesat dalam berbagai aspek. Salah satu dampak positif dari teknologi adalah banyaknya aktivitas manusia yang dimudahkan dengan munculnya berbagai alat hasil dari perkembangan teknologi, mulai dari hiburan hingga pekerjaan yang semakin meningkat kualitasnya berkat perkembangan teknologi. fokus penerapan permainan tradisional, banyak permainan yang mendapatkan penilaian tinggi dari peserta pelatihan. Apalagi ada permainan yang mendapatkan nilai sempurna, yaitu 100%. Permainan tersebut adalah Hitam-Hijau, Tom and Jerry, dan Tee ball aspek sportivitas, Bersatu kita teguh, kehancuran kita runtuh pada aspek menghargai teman, Pulau impian pada kejujuran, dan Tongkat jalan aspek kerjasama.Menelaah pengetahuan dan keterampilan guru tentang permainan tradisional dalam PJOK. Alternatif yang ditawarkan untuk mengatasi dampak negatif dari perkembangan teknologi yang sangat pesat terhadap kebiasaan dan karakter anak adalah melalui bermain. Studi literatur dan wawancara. Kegiatan pelatihan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian pemberian teori permainan kecil untuk persepsi tentang dasar-dasar permainan kecil, penerapannya dalam pembelajaran.

References

[1] Andayani, S. (2021). Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jendela Olahraga, 2(2), 230–238. https://doi.org/10.26877/jo.v2i2.1700
[2] Arifin, B., Roisatul, F., Muzakki, A., & ikhlasatul riska, L. (2022). Implementasi Pembelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 10 No.1(2338–1140, 2527–3043), 104–111.
[3] Ekawati, Y. N., Nurwanti, D. I., & Sulistyawati, A. E. (2015). Pengaruh Penerapan Permainan Tradisional Tegal Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak-Anak. Jurnal CAKRAWALA, 9(1).
[4] Hendon, S., & Abdullah, S. (2016). Transforming Science Teaching Environment for the 21st Century Primary School Pupils. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 4(4), 68–76.
[5] Hendriadi, I. G. O. (2021). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 68. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.30878
[6] Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 5(2).
[7] Mashud, M. (2019). Analisis Masalah Guru Pjok Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 77–85. https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704
[8] Nafaida, R., , N., & , N. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 57–61. https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2807

[9] Novitasari, N. (2019). dari sisi teknologi yang terus dan akan semakin berkembang sesuai dengan maupun remaja saja , anak-anak yang masih duduk di playgroup kini sudah. Jurnal Al Hikmah Tuban, 3 No.2(2550–2200, 2550–1100), 167–188.
[10] Puji Asmaul Chusna. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, vol 17(no 2), 318. http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/dinamika/article/viewFile/842/586
[11] Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). PSunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan Orang tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget pada Anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485engawasan Orang tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget pada Anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510.
[12] Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310
[13] Tapo, Y. B. O. (2019). Pengembangan Model Latihan Sirkuit Pasing Bawah T-Desain (Spbt-Desain) Bola Voli Sebagai Bentuk Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pjok Untuk Tingkat Sekolah Menengah. IMEDTECH (Instructional Media, Design and Technology), 3(2), 18. https://doi.org/10.38048/imedtech.v3i2.209
[14] Widodo, P., & Lumintuarso, R. (2017). Pengembangan model permainan tradisional untuk membangun karakter pada siswa SD kelas atas. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 183. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.7215
[15] Winata, A., Yunus, M., Muttaqin, Z., Pancasila, P., & Mataram, U. M. (2022). Kajian Penggunaan Waktu Menonton Tayangan Layar Kaca Terhadap Disiplin Belajar Siswa di Rumah. 7(1), 127–135.
Published
2023-01-31
How to Cite
Hartati, S. (2023). Pelatihan Penerapan Permainan Kecil Untuk Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Pjok Di Mgmp Pjok Sma Kabupaten Mojokerto. Laksana Olahraga, 1(1), 33-46. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/laksanaolahraga/article/view/50921
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 81